Kompas.com - 06/01/2022, 05:27 WIB
Kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Shutterstock/SunhajiKampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
|

KOMPAS.com - Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) turut ambil bagian dalam Pejuang Muda. Ada dua mahasiswa UNY yang ikut program dari sinergi beberapa kementerian tersebut.

Pejuang Muda merupakan program sinergi antara Kementerian Sosial RI, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta Kementerian Agama yang diperuntukkan bagi mahasiswa agar berperan dalam penanganan kemiskinan dan masalah sosial di masyarakat.

Tak tanggung-tanggung, program ini menggandeng 5.140 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang diterjunkan ke masyarakat.

Baca juga: Mahasiswa UNY Berdayakan Warga Olah Sampah Plastik Jadi Produk Bernilai

Tentu untuk mengetahui permasalahan sosial dari dekat dan berupaya menyelesaikan masalah kemiskinan di 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Terdapat empat pilihan program, yaitu:

  • bidang bantuan sosial
  • pemberdayaan
  • lingkungan
  • fasilitas lingkungan

Di lokasi tugas, Pejuang Muda mengerjakan proyek-proyek penanganan kemiskinan dan masalah sosial yang didukung anggaran oleh Kementerian Sosial.

Dua mahasiswa UNY ikut terlibat

Melansir laman UNY, Rabu (5/1/2022), ada dua mahasiswa UNY yang terlibat ikut program tersebut, yakni Daffa Fakhri Maulana dari Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum serta Rizqi Juniarti dari Jurusan Pendidikan Akuntansi.

Untuk penempatannya ada di Kabupaten Lembata Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Daffa dan Rizqi ditempatkan di Kecamatan Lebatukan.

Daffa menjelaskan, dia dan Rizqi ditugaskan untuk membantu percepatan penanganan kemiskinan melalui verifikasi dan validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Verifikasi dan validasi DTKS tersebut dilakukan menggunakan aplikasi Social Affair Geographic Information System (SAGIS), di mana setiap penerima bantuan sosial yang diverifikasi dan validasi dapat dikonfirmasi lokasi dan kondisi rumahnya serta pemanfaatan bantuan sosial yang telah diterima.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.