Kompas.com - 05/01/2022, 11:40 WIB
Lembaga Masuk Tes Perguruan Tinggi (LTMPT) mengadakan konferensi pers pembukaan penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri tahun 2022. Tangkap layar Youtube LTMPTLembaga Masuk Tes Perguruan Tinggi (LTMPT) mengadakan konferensi pers pembukaan penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri tahun 2022.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Dalam penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri (PTN) tahun 2022, satuan pendidikan dan siswa harus melakukan registrasi akun pada laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) terlebih dahulu melalui https://portal.ltmpt.ac.id.

Berbeda di 2021, kegiatan registrasi akun LTMPT bagi sekolah dan siswa pada tahun 2022 tidak bersamaan agar bisa memberi kesempatan sekolah untuk mendaftar dan mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Baca juga: Mulai 10 Januari Siswa Bisa Registrasi Akun LTMPT, Ini Caranya

Ketua LTMPT, Mochamad Ashari menyampaikan, sejak 1 Desember 2021, dirinya telah mensosialisasikan mekanisme Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di 75 PTN Akademik jenjang S1 dan D4, 11 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), dan 39 PTN Vokasi (Politeknik Negeri).

Sosialisasi itu lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

"Registrasi Akun LTMPT bagi sekolah dimulai pada 4 Januari 2022, sedangkan Registrasi Akun LTMPT bagi siswa dimulai pada 10 Januari 2022. Batas akhir registrasi akun bagi sekolah dan siswa adalah sama yaitu 15 Februari 2022," ucap dia dalam keterangan resminya, Rabu (5/1/2022).

Lalu, dilanjutkan dengan penetapan siswa yang memenuhi syarat (eligible) oleh sekolah mulai 4 Januari sampai 8 Februari 2022.

Sementara itu, pengisian PDSS dimulai 8 Januari sampai 8 Februari 2022. Pendaftaran SNMPTN akan berlangsung pada 14 sampai 28 Februari 2022.

Pengumuman Hasil SNMPTN dijadwalkan pada 29 Maret 2022 mendatang. Adapun UTBK-SBMPTN tahun 2022 menggunakan komputer dan biaya ditanggung oleh peserta serta disubsidi oleh pemerintah.

Baca juga: 10 PTN Terbaik di Pulau Jawa, Kamu Pilih yang Mana?

Plt Dirjen Dikti Ristek Kemendikbud Ristek, Prof. Nizam menyatakan, beragam bentuk tes masuk PTN yang nantinya akan dilaksanakan secara luring terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh sebagian pihak yang terlibat dalam proses masuk perguruan tinggi.

Mulai dari wali murid, baik guru atau orang tua hingga siswa itu sendiri agar mampu menyiapkan pilihan yang sesuai dengan minat supaya kegiatan perkuliahan di kedepannya mampu berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan awal.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.