Kompas.com - 04/01/2022, 20:17 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Belakangan ini warganet dihebohkan dengan pemberitaan sejumlah artis yang mengadopsi boneka arwah atau spirit doll sebagai anak mereka.

Hal ini bermula ketika salah satu artis yang juga desainer, Ivan Gunawan mulai aktif memposting foto bersama dua boneka arwahnya ke Instagram sejak Desember tahun lalu.

Baca juga: UNS Kukuhkan Guru Besar Termuda Usia 37 Tahun

Layaknya seorang ayah, dia memperlakukan dua spirit doll miliknya seperti bayi sungguhan.

Boneka arwahnya juga dipakaikan baju bayi, dibuatkan akun Instagram pribadi, hingga ada newborn photoshot khusus untuknya.

Karena keputusan artis tersebut ramai diperbincangkan warganet, membuat beberapa pemuka agama dan psikolog ikut berkomentar.

Bahkan, sebagian warganet yang mengetahuinya kemudian mengaitkan keberadaan dua boneka arwah itu dengan hal-hal berbau mistis.

Lantas, apakah yang dikatakan warganet tersebut benar? Dan, apakah fenomena memiliki boneka arwah di Indonesia khususnya di tanah Jawa adalah hal yang lumrah?

Menurut pemerhati budaya Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Tundjung Wahadi Sutirto, fenomena spirit doll di Indonesia bukanlah sesuatu yang baru.

Pasalnya, masyarakat sejak lama memang sudah mempercayai boneka arwah.

Dalam mitologi Jawa ada perilaku supranatural menggunakan media visual, seperti boneka, untuk berdialog dengan entitas arwah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.