Kompas.com - 04/01/2022, 17:47 WIB

KOMPAS.com – Ekonomi kreatif di Indonesia berkembang cukup pesat beberapa tahun belakangan. Industri kreatif menjadi salah satu primadona pilihan karier bagi anak muda.

Adapun Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah membagi industri kreatif ke dalam 16 sub sektor.

Sub sektor industri kreatif meliputi desain interior, arsitektur, desain komunikasi visual, desain produk, seni rupa, pengembang permainan, animasi, film, fotografi, video, musik, seni pertunjukkan, fesyen, kuliner, penerbitan, periklanan, televisi, dan radio.

Dibutuhkan keterampilan, bakat, dan minat yang besar untuk dapat berkarier di berbagai sub sektor industri kreatif.

Salah satu langkah awal untuk terjun ke dunia industri kreatif adalah mengenyam pendidikan dengan pilihan jurusan yang mendukung pengembangan kreativitas.

Baca juga: Belum Dapat Tempat Kuliah, Universitas BSI Masih Buka Pendaftaran Gelombang Khusus

Berikut adalah tiga daftar jurusan kuliah yang bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mengembangkan kreativitas dan terjun ke dunia industri kreatif, dikutip dari rilis resmi Universitas Bina Sarana Informatika (BSI), Selasa (4/1/2022).

1. Penyiaran atau broadcasting

Periklanan dan televisi adalah sektor industri yang masuk ke dalam 16 sub sektor ekonomi kreatif versi Kemenparekraf.

Dengan memilih jurusan penyiaran atau broadcasting, mahasiswa akan diajarkan untuk memproduksi film, program televisi, video iklan, dan lain-lain.

Dibutuhkan keterampilan, kreativitas, ketangguhan, dan seni berkomunikasi yang baik untuk menghasilkan program televisi, film, dan video iklan yang informatif, menarik, dan menghibur.

Selain mengembangkan konsep karya, mahasiswa juga akan belajar tentang seni pengambilan gambar, tata suara, tata cahaya, tata artistik, penyuntingan gambar, sampai manajemen produksi.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.