Kompas.com - 04/01/2022, 15:54 WIB
Lembaga Masuk Tes Perguruan Tinggi (LTMPT) mengadakan konferensi pers pembukaan penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri tahun 2022. Tangkap layar Youtube LTMPTLembaga Masuk Tes Perguruan Tinggi (LTMPT) mengadakan konferensi pers pembukaan penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri tahun 2022.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengadakan konferensi pers pembukaan penerimaan mahasiswa baru, Selasa (4/1/2022).

Salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru yang paling dekat akan dilaksanakan yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022.

Ketua LTMPT Prof. Mochamad Ashari mengatakan, pada penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN atau jalur undangan ini calon mahasiswa diundang untuk diseleksi dari nilai rapor dan prestasi lainnya.

"Untuk SNMPTN kuotanya minimal 20 persen dari kuota masing-masing perguruan tinggi. Biaya ditanggung pemerintah dalam penerimaan jalur SNMPTN," kata Prof. Ashari dalam konferensi pers yang juga disiarkan langsung di kanal YouTube LTMPT, Selasa (4/1/2022).

Baca juga: Dokter RSND Undip Jelaskan Gejala Asma dan Upaya Pencegahannya

SNMPTN 2022 diikuti 125 perguruan tinggi

Pada SNMPTN 2022 diikuti oleh 75 PTN akademik, 39 politeknik negeri serta 11 perguruan tinggi di bawah Kementerian Agama.

Salah satu tahapan yang harus dilalui dalam SNMPTN 2022 yakni pengisian Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) oleh sekolah pada 4 Januari 2022. Pada proses ini, sekolah perlu registrasi dan membuat akun LTMPT selanjutnya mengisi PDSS.

Sedangkan untuk siswa baru bisa membuat akun LTMPT pada 10 Januari hingga 15 Februari 2022.

"Baru dibuka 4 Januari untuk akun LTMPT sekolah langsung usernya bisa sampai 2,4 juta pada saat baru dibuka. Ini rawan terjadi kemacetan di IT. Sehingga kita geser untuk sekolah dulu kemudian tanggal 10 Januari baru siswa bisa membuat akun LTMPT," ucap Prof. Ashari.

Rektor ITS ini menegaskan, SNMPTN 2022 ini dasar diseleksinya dari nilai rapor dan portofolio kemudian dilakukan seleksi oleh masing-masing perguruan tinggi.

SNMPTN diperuntukkan bagi siswa berprestasi unggul

Ketua Pelaksana LTMPT Prof. Budi Prasetyo Widyobroto menambahkann, jalur SNMPTN ini memang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang punya prestasi unggul.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.