Kompas.com - 02/01/2022, 16:09 WIB
|

KOMPAS.com - Mahasiswa didorong untuk mengembangkan pengetahuan dan kreativitas melalui berbagai perlombaan atau kompetensi.

Berbagai ide unik atau inovasi dari para mahasiswa pun banyak yang meraih juara baik di tingkat nasional maupun internasional.

Seperti ide mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang menggagas sebuah bisnis snack dengan bahan ikan kembung.

Rancangan bisnis snack bar ikan kembung ini pun sukses meraih juara 2 pada ajang Marine and Fisheries Business Model Canvas Competition 2021.

Baca juga: Siswa, Ini Lho 5 Minuman Tradisional Khas Jabar yang Enak dan Sehat

Manfaatkan potensi ikan kembung di Indonesia

Kompetisi ini diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Perikanan (Himasilkan) Institut Pertanian Bogor (IPB). Tim Kembung yang menjadi perwakilan UNS beranggotakan Naya Nulina Citawara, Nimas Suci Kusuma dan Indah Khoirunnisa.

Ketua tim Naya mengatakan, konsep produk dari paper business yang mereka buat berjudul 'FishBar – Snack bar Ikan Kembung sebagai Diversifikasi Hasil Laut Lokal yang Kaya Manfaat'.

Rancangan produk ini dipilih tim Kembung karena dilatarbelakangi potensi perikanan di Indonesia sangat besar, termasuk ikan kembung.

Mereka mencermati bahwa potensi dari ikan kembung belum terolah secara maksimal. Padahal, ikan kembung ini memiliki harga yang murah.

Baca juga: Tim Unair Bikin Bahan Bakar Ramah Lingkungan Gunakan Minyak Ini

Gizi ikan kembung hampir sama dengan ikan salmon

Kajian literatur yang telah dilakukan menunjukkan, kandungan gizi ikan kembung hampir menyamai ikan salmon. Selain itu, ikan kembung juga memiliki nilai autentik bagi masyarakat Indonesia.

"Ini berarti perikanan lokal yang bisa kita buat suatu produk, lalu dikemas secara praktis, murah, ekonomis, dan sehat," kata Naya seperti dikutip dari laman UNS, Minggu (2/1/2022).

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.