Kompas.com - 01/01/2022, 18:18 WIB

 

KOMPAS.com - Memilih jurusan kuliah, memang tidak mudah. Namun, jika tidak memilih dengan tepat bisa berdampak besar pada masa depan nantinya.

Dari sekian banyak jurusan, apa saja jurusan kuliah yang memiliki prospek kerja bagus di masa depan?

Word Economic Forum telah membahas bagaimana pandemi Covid-19 mengubah dunia dan mengubah tren profesi pada tahun 2025.

Percepatan digitalisasi dan otomatisasi memengaruhi bagaimana kita bekerja, sehingga prospek kerja masa depan diproyeksikan akan berpusat pada beberapa profesi tertentu seperti data analyst, data scientist, software developer, application developer, dan lain sebagainya.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Kuliah Farmasi, Tak Hanya Jadi Apoteker

Dilansir dari laman Akupintar, berikut daftar jurusan kuliah yang dibutuhkan di dunia kerja esok hari.

1. Matematika

Matematika menjadi pondasi bagi perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, termasuk big data dan statistika. Seorang big data specialist menggunakan ilmu matematikanya dalam bekerja.

Bahkan kebutuhan akan tenaga profesional matematika seperti ahli statistika meningkat hingga 10 persen pada pertengahan 2020. Kamu bisa mempertimbangkan jurusan matematika kalau kamu ingin kuliah di jurusan yang dibutuhkan di masa depan.

2. Teknik Informatika

Kamu tertarik dengan bahasa pemrograman atau pengembangan aplikasi? Inilah jurusan kuliah yang tepat buatmu. Mahasiswa Teknik Informatika juga belajar tentang manajemen database.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.