Kompas.com - 31/12/2021, 15:39 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mengaku KIP Kuliah Merdeka bermanfaat bagi calon mahasiswa bertalenta tapi kurang mampu secara ekonomi.

"Jika sebelumnya anak yang punya talenta akademik ragu untuk memilih perguruan tinggi terbaik. Apalagi perguruan tinggi itu di Ibu Kota yang berbiaya mahal. Sehingga mereka walaupun punya potensi tapi mengurungkan niatnya untuk lanjut ke perguruan tinggi itu," ucap Kepala PLPP Kemendikbud Ristek, Abdul Kahar melansir laman Kemendikbud Ristek, Jumat (31/12/2021).

Baca juga: 10 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2021-2022

Saat ini, kata dia, kebijakan KIP Kuliah telah menyesuaikan dengan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan biaya hidup mahasiswa.

Di sini, kata Abdul Kahar, wujud kehadiran negara dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan khususnya bagi jenjang perguruan tinggi.

"Pemerintah mendukung semua lini di mana anak-anak kita kalau dia punya talenta terbaik, (untuk) bisa memilih perguruan tinggi terbaik di mana dia ingin berkuliah," tegas dia.

Dia mengatakan, Kemendikbud Ristek menyadari kurang memberikan sosialisasi masif tentang KIP Kuliah di 2020.

Sehingga kesempatan yang tersedia bagi calon mahasiswa sangat sempit untuk berpartisipasi.

"Maka kami tahun ini bekerja sama dengan unit utama di Kemendikbud Ristek agar anak-anak kita yang punya talenta akademik bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tanpa terkendala biaya (melalui pemanfaatan KIP Kuliah)," ujar Abdul Kahar

Salah satu penerima manfaat KIP Kuliah Merdeka adalah Alifia Cantika Nurrahmah, asal Sumatera Barat.

Dia merasa beruntung karena dapat merasakan manfaat KIP Kuliah.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.