Kompas.com - 28/12/2021, 10:54 WIB
|

KOMPAS.com - Bagi para lansia tentu lebih berisiko terhadap serangan penyakit. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini. Penyakit psikosomatis juga sangat rentan pada lansia.

Psikosomatik merupakan gabungan dari dua kata, yaitu pikiran (psyche) dan tubuh (soma). Gangguan psikosomatik adalah keluhan fisik yang timbul atau dipengaruhi oleh pikiran atau emosi, bukannya oleh alasan fisik yang jelas, seperti luka atau infeksi.

Agar lansia terhindar dari psikosomatis maka yang harus dilakukan adalah menghindarkan lansia dari perasaan cemas, karena ketika sudah tidak cemas, besar kemungkinan lansia terhindar dari penyakit stres.

Baca juga: Cara Atasi Vertigo dengan 4 Gerakan, Info Stikes Panti Kosala

Tips hindari psikosomatis

Melansir laman Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Panti Kosala, ini beberapa langkah yang harus di lakukan oleh lansia agar terhindar dari penyakit psikosomatis:

1. Jangan cemas berlebihan

Hal pertama ialah berdoa dan beribadah merupakan salah satu penguatan dimensi spiritual pada lansia yang bisa menopang lansia, dan nantinya perasaan cemas itu akan hilang dengan tumbuhnya kekuatan spiritual tersebut.

2. Jangan hanya fokus pada informasi negatif

Beredarnya banyak kabar seputar Covid-19 memang bisa mengakibatkan stres pada lansia, maka perlu asistensi kepada lansia seputar informasi yang benar.

3. Batasi koneksi dengan media sosial

Jika lansia sesekali harus menggunakan sosal media, arahkan untuk fokus pada informasi yang dikeluarkan oleh WHO, Kementerian Kesehatan atau sumber lain yang bisa membangkitkan optimisme lansia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.