Kompas.com - 28/12/2021, 10:20 WIB

 

KOMPAS.com - Dari sekian banyak jurusan, minat para lulusan SMA jurusan pariwisata cukup tinggi.

Akan tetapi sebagian orang mungkin masih bertanya-tanya sebenarnya kuliah pariwisata itu gunanya apa dan bagaimana prospek kerjanya.

Buat kamu yang memiliki keinginan untuk kuliah pariwisata tapi masih tidak yakin apakah nanti bisa mudah mendapatkan pekerjaan atau tidak, sebaiknya jangan khawatir.

Prospek untuk bekerja di industri pariwisata terbuka sangat lebar. Terutama karena Indonesia sendiri merupakan salah satu negara tujuan pariwisata terbesar di dunia.

Baca juga: Mengenal Sekolah Tinggi Intelijen Negara, Kuliah Gratis dan Jadi CPNS

Dilansir dari laman Batam Tourism Polytechnic, ada 7 prospek kerja menjanjikan bagi lulusan pariwisata. Apa saja.?

1. Pengelola tempat wisata

Saat ini, ada beragam tempat wisata yang tentu membutuhkan pengelola untuk mengembangkan bisnis. Pengelola tempat wisata sendiri masih terbagi menjadi beberapa bagian lagi.

Beberapa pekerjaan terkait dengan pengelolaan tempat wisata meliputi:

  • Kebersihan lokasi
  • Konsep wisata
  • Tata letak objek wisata
  • Pengelolaan lahan terkait dengan bisnis di sekitar lokasi wisata seperti penginapan, restoran, dll
  • Promosi tempat wisata
  • Penjualan merchandise resmi
  • Layanan pengunjung
  • Event organizer

Baca juga: Syarat Masuk Sekolah Tinggi Milik BMKG, Kuliah Gratis dan Jadi CPNS

Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, kamu bisa mengintegrasikan pengelolaan tempat wisata dengan internet. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan termasuk mengelola website dan media sosial tempat wisata tersebut. Nantinya kamu akan bisa mengimplementasikan ide-ide segar untuk mengembangkan tempat wisata yang kamu kelola.

2. Tour guide

Salah satu pekerjaan paling populer berkaitan dengan pariwisata adalah menjadi tour guide. Pekerjaan ini menuntut kamu untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik serta pengetahuan mendalam mengenai tempat-tempat wisata.

Kamu bisa fokus ke satu wilayah saja, atau kamu juga bisa menawarkan jasa tour guide ke seluruh Indonesia atau bahkan luar negeri. Penguasaan bahasa asing terutama Bahasa Inggris sangat penting di bidang ini. Dengan mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dengan baik, kamu akan bisa melayani wisatawan tidak hanya domestik, tapi juga mancanegara.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.