Kompas.com - 25/12/2021, 08:58 WIB

KOMPAS.com - Deretan kampus swasta terbaik menurut lembaga pemeringkatan dapat kamu jadikan referensi untuk memilih kampus, meski ada sejumlah pertimbangan lain yang perlu kamu lakukan.

Webometrics dan UniRank menjadi dua lembaga pemeringkatan kampus yang telah mirilis daftar kampus terbaik dengan menggunakan ragam indikator. 

Sebagai referensi memilih kampus di 2022, berikut hasil pemeringkatan kampus terbaik versi Webometrics dan UniRank 2021:

Baca juga: 5 Beasiswa S1 yang Buka Januari 2022, Kuliah Gratis dan Tunjangan

Universitas Swasta terbaik di Indonesia 2021 versi Webometrics

Webometrics adalah pemeringkatan akademis universitas dari Higher Education Institution yang dikerjakan setiap enam bulanan. Indikator yang digunakan yaitu pengajaran, penelitian, hubungan antara kampus dengan dunia industri dan ekonomi, serta prestis internasional. Dari riset yang dilakukannya, inilah lima universitas swasta terbaik di Indonesia 2021.

1. Telkom University

Perguruan tinggi swasta ini berada di Bandung, didirikan oleh Yayasan Pendidikan Telkom. Berada di jajaran PTS terbaik, tak heran bila Telkom University hampir selalu diminati selama masa pendaftaran mahasiswa baru.

2. Universitas Bina Nusantara

Universitas swasta terbaik pada urutan kedua adalah Universitas Bina Nusantara. Kampus ini sudah puluhan tahun berkiprah di dunia pendidikan.

3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Terkenal sebagai salah satu kota pelajar di Indonesia, Yogyakarta juga memiliki kampus swasta terbaik salah satunya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Baca juga: Syarat Masuk Politeknik Imigrasi Milik Kemenkumham, Lulusan Jadi CPNS

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.