Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kampus Swasta Terbaik Versi UniRank dan Webometrics 2021

Kompas.com - 25/12/2021, 08:58 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Deretan kampus swasta terbaik menurut lembaga pemeringkatan dapat kamu jadikan referensi untuk memilih kampus, meski ada sejumlah pertimbangan lain yang perlu kamu lakukan.

Webometrics dan UniRank menjadi dua lembaga pemeringkatan kampus yang telah mirilis daftar kampus terbaik dengan menggunakan ragam indikator. 

Sebagai referensi memilih kampus di 2022, berikut hasil pemeringkatan kampus terbaik versi Webometrics dan UniRank 2021:

Baca juga: 5 Beasiswa S1 yang Buka Januari 2022, Kuliah Gratis dan Tunjangan

Universitas Swasta terbaik di Indonesia 2021 versi Webometrics

Webometrics adalah pemeringkatan akademis universitas dari Higher Education Institution yang dikerjakan setiap enam bulanan. Indikator yang digunakan yaitu pengajaran, penelitian, hubungan antara kampus dengan dunia industri dan ekonomi, serta prestis internasional. Dari riset yang dilakukannya, inilah lima universitas swasta terbaik di Indonesia 2021.

1. Telkom University

Perguruan tinggi swasta ini berada di Bandung, didirikan oleh Yayasan Pendidikan Telkom. Berada di jajaran PTS terbaik, tak heran bila Telkom University hampir selalu diminati selama masa pendaftaran mahasiswa baru.

2. Universitas Bina Nusantara

Universitas swasta terbaik pada urutan kedua adalah Universitas Bina Nusantara. Kampus ini sudah puluhan tahun berkiprah di dunia pendidikan.

3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Terkenal sebagai salah satu kota pelajar di Indonesia, Yogyakarta juga memiliki kampus swasta terbaik salah satunya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Baca juga: Syarat Masuk Politeknik Imigrasi Milik Kemenkumham, Lulusan Jadi CPNS

4. Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia telah menjadi bagian dari pendidikan tinggi yang penting di Indonesia sejak 1945. Kini, salah satu universitas swasta terbaik ini berada di urutan ke-12 nasional.

5. Universitas Gunadarma

Berawal dari sebuah Program Pendidikan Ilmu Komputer di tahun 1981, Universitas Gunadarma kini telah menjadi satu dari lima besar universitas swasta terbaik. Universitas Gunadarma berada di urutan ke-15 se-Indonesia.

Universitas Swasta Terbaik di Indonesia 2021 versi UniRank

Kriteria yang digunakan oleh UniRank yaitu akreditasi, keberadaan program S1, S2 atau S3, serta sebagian besar perkuliahan dilakukan secara tatap muka. Berdasarkan kriteria tersebut, inilah lima universitas swasta terbaik di Indonesia 2021.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com