Kompas.com - 21/12/2021, 20:47 WIB

KOMPAS.com - Sebanyak enam siswa SMP mewakili Indonesia di ajang International Junior Science Olympiad (IJSO) yang berlangsung di Uni Emirat Arab pada 12-21 Desember 2021. Keenam siswa tersebut berhasil meraih enam 6 medali dalam ajang tahunan tersebut.

International Junior Science Olympiad (IJSO) adalah kompetisi individu dan tim yang digelar secara tahunan dalam melombakan Ilmu Pengetahuan Alam untuk siswa berusia di bawah enam belas tahun.

IJSO didirikan sebagai pengakuan akan pentingnya Ilmu Pengetahuan Alam dalam pendidikan umum kaum muda dan dalam semua aspek kehidupan mereka.

Tahun ini IJSO digelar di Intercontinental, Dubai Festival City, Dubai, Uni Emirat Arab dan diikuti sekitar 900 peserta dari 59 lebih negara.

Dua medali perak persembahkan Jack Howard dari SMP Darma Yudha Pekanbaru dan Tharfi Thufail Qays Al Hakim, dari SMP Al Muttaqin, Tasikmalaya.

Sedangkan empat medali perunggu diraih Refa Nurtantiawati dari SMPN 2 Pangkalpinang, I Kadek Andhika Ary Wiguna dari SMPN 6 Denpasar, Harlbert Mayer Hsia dari SMP Witama Nasional Plus Pekanbaru, dan Hisyam Najamudin dari SMPN 1 Lamongan.

Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Asep Sukmayadi memberi apresiasi kepada para peraih medali tersebut.

"Kami bangga adik-adik bisa menjadi juara IJSO 2021. Kalian memang para juara yang sudah menunjukan prestasi dan sudah mempersiapkan diri selama 2 bulan," ujar Asep Sukmayadi.

"Saya juga melihat acara awarding dan kalian telah bersaing dengan peserta dari 59 negara lainnya. Prestasi yang sungguh membanggakan. Saya mengucapkan selamat dan terima kasih atas prestasi kalian yang masih sangat muda tapi sudah menjadi harapan kami di masa depan," puji Asep.

Baca juga: Puspresnas Beri Penghargaan Siswa Berkebutuhan Khusus Berprestasi

Kepala Puspresnas juga turut memberi mengucapkan terima kasih pada para pembinan, guru, sekolah dan orangtua atas dedikasi mereka mendukung para siswa hingga meraih medali di IJSO.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.