Kompas.com - 21/12/2021, 19:38 WIB

KOMPAS.com - Pernahkah terbayangkan, apa yang harus kita lakukan jika pelecehan seksual terjadi pada kerabat, sahabat, atau bahkan keluarga?

Pelecehan seksual selalu meninggalkan trauma yang mendalam, tak hanya bagi korban, tetapi juga orang-orang terdekat korban. Itulah mengapa, perlu langkah tepat untuk menolong korban pelecehan seksual.

Dosen Fakultas Psikologi (FPSi) Universitas Airlangga (Unair), Margaretha Rehulina memberikan penjelasan.

Menurutnya, pada beberapa orang, kejadian ini mungkin bisa menimbulkan keinginan membalas dendam dan marah.

Baca juga: 21 Bentuk Kekerasan Seksual di Kampus dalam Permendikbud 30

Retha menjelaskan, marah dan rasa ingin balas dendam adalah sangat mungkin terjadi. Apalagi, berdasarkan pengamatannya, sebagian besar pelaku kejahatan seksual adalah orang yang dikenal korban. Bisa guru, keluarga, bahkan orang tua sendiri.

Hal itu, ungkapnya, yang membuat korban maupun keluarga korban menjadi lebih terpukul.

Namun, marah dan mengutarakan keinginan membalas dendam bukanlah cara terbaik untuk menolong korban.

“Karena ketika kita marah, kehilangan, benci, sebenarnya yang ingin dikejar adalah pemuasan kemarahan diri. Jadi ingin memuaskan kebutuhan diri untuk membalas dendam. Ini bukan yang terbaik untuk korban karena sebenarnya kita sedang melayani emosi pribadi,” jelas Retha seperti dilansir dari laman Unair.

Retha menekankan bahwa yang perlu dipahami adalah posisi korban kejahatan seksual yang sedang membutuhkan dukungan keluarga atau orang-orang terdekat.

Sehingga, alih-alih menghabiskan energi pada keinginan membalas dendam, lebih baik fokus memberikan dukungan bagi korban untuk melanjutkan hidupnya.

Baca juga: Psikolog UGM: Cara Bangun Support System untuk Kesehatan Mental

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.