Kompas.com - 21/12/2021, 13:37 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) kembali mengukuhkan seorang Guru Besar.

Sebelumnya UAJY telah menerima Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendidkbud Ristek) tentang Kenaikan Jabatan Akademik Dosen, Prof. Amos Setiadi.

SK tersebut diserahterimakan oleh LLDIKTI Wilayah V di Auditorium Gedung Thomas Aquinas, Jumat (17/12/2021) silam.

Prof. Amos mengaku, tiga hari sebelum berkas diajukan pada Minggu (18/10/2020) silam, selesai meditasi saya dapat tanda isyarat berupa gambar bertemu Ngarsa Dalem (Sri Sultan Hamengku Buwono X).

"Beliau menyematkan sesuatu di baju saya. Dalam kepercayaan Jawa, gambaran bertemu ratu (atau raja), maknanya akan mendapatkan kanugrahan kenaikan pangkat, dan tanda tersebut saat ini menjadi kasunyatan (kenyataan)," beber Amos dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (21/11/2021).

Baca juga: Kolaboratif dan Inovatif, Rektor UGM Raih Best University Leaders

Dorong dosen lain laksanakan Tri Dharma

Dalam acara tersebut, Amos menyanyikan tembang macapat berjudul 'Pucung' yang bermakna mengingatkan kewajiban para dosen dalam mengimplementasikan 5 bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi dan 40 unsur kegiatan.

"Setiap dosen yang ingin ngilmu, harus tau laku-nya apa, dan mau melakoni-nya. Semoga peristiwa ini dapat menjadi pendorong bagi dosen untuk ber-Tri Dharma," terang Prof. Amos.

Rektor UAJY, Yoyong Arfiadi, mengungkapkan jika penyerahan SK Guru Besar ini diharapkan bisa memberikan prestasi baru bagi perguruan tinggi.

Baca juga: Super Air Jet Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan SMA/SMK, Buruan Daftar

Yoyong menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak, khususnya LLDikti Wilayah V yang memproses pengajuan dengan cepat.

Amos merupakan salah satu dosen yang meraih Program Percepatan Guru Besar yang diluncurkan UAJY dua tahun lalu.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.