Growth Center
Powered by Kompas Gramedia

Sebagai bagian dari KOMPAS GRAMEDIA, Growth Center adalah ekosistem solusi yang memfasilitasi pertumbuhan organisasi dan individu untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka. Growth Center hadir untuk menjadi teman bertumbuh dalam mempercepat pertumbuhan dan transformasi melalui solusi sumber daya manusia berbasis teknologi yang teruji secara saintifik berdampak.

Kami meningkatkan pertumbuhan para individu melalui proses siklus yang berkelanjutan dari menemukan jati diri (discovery) hingga menyediakan pengembangan (development) yang diperlukan. Semua ini hadir dalam produk kami, Kognisi Discovery dan Kognisi Development untuk memfasilitasi individu untuk mengenal dirinya sendiri dan berkembang sesuai dengan keunikan (idiosyncrasy) mereka.

Silakan kunjungi situs kami www.growthcenter.id dan info kolaborasi lebih lanjut bisa kirim surel ke info@growthcenter.id.

 

Langkah-langkah Membuat Uang Bekerja untuk Kita

Kompas.com - 21/12/2021, 08:41 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Menyimpan uang lewat pemasukan aktif tidak akan membuat harta menjadi berkembang. Pemasukan aktif lama-lama akan habis karena kebutuhan sehari-hari dan harga bahan pokok yang semakin lama semakin mahal.

Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menjadikan pemasukan aktif sebagai sarana penambah uang sehingga kita dapat mengelola dana tersebut menjadi pemasukan pasif.

Ada dua cara untuk menjadikan pemasukan aktif sebagai sarana penambah uang: sektor riil dan pasar modal. Sektor riil yang paling terlihat adalah apabila seseorang memiliki HAKI (hak kekayaan intelektual) lewat penulisan buku, paten, dan lainnya.

Kemudian memulai usaha kecil-kecilan dengan membuka warung, ikut agen asuransi, arisan, dan lain-lain juga merupakan contoh sektor riil.

Uang terus berputar untuk mencari uang lainnya. Jika sektor riil membutuhkan tenaga lebih dalam mengerjakannya, maka pasar modal tidak begitu membutuhkan tenaga sebesar sektor riil.

Bagaimana cara mencari uang di pasar modal? Ada beberapa cara yang dapat diikuti yakni investasi saham dan surat utang.

Mari membahas investasi aset dan sektor riil terlebih dahulu.

1. Saham

Saham adalah sebagian kecil dari seluruh nilai aset suatu perusahaan. Mulailah berinvestasi saham sedini mungkin karena saham memiliki nilai yang berubah-ubah setiap harinya.

Baca juga: Rangkul ITS, OJK Ajak Mahasiswa Tingkatkan Literasi Keuangan Digital

Setidaknya, seorang investor berinvestasi pada saham selama lima hingga sepuluh tahun agar keuntungannya bisa maksimal. Sebelum bisa memiliki saham, buka rekening saham melalui sekuritas atau broker.

Siapkan pula alokasi dana untuk disetor atau dibelikan saham setiap bulannya jika memakai strategi dollar cost averaging (DCA). Ingat, dalam investasi saham, belilah perusahaan yang mempunyai rekam jejak dan manajemen yang bagus serta rutin membagikan dividen (keuntungan) kepada para investornya.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.