Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolaboratif dan Inovatif, Rektor UGM Raih Best University Leaders

Kompas.com - 21/12/2021, 07:00 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. Panut Mulyono berhasil meraih penghargaan kategori Best University Leaders dalam acara Obsession Award 2021 yang digelar Obsession Media Group (OMG).

Penghargaan kategori Best University Leaders ini berikan kepada pimpinan perguruan tinggi yang dianggap telah berkontribusi besar dalam memajukan institusi.

Panut dinilai berhasil memimpin dengan berbagai program inovatif. Selain mengembangkan keilmuan dan manajemen pendidikan yang mumpuni.

Selain Panut Mulyono, terdapat tiga rektor perguruan tinggi lain yang juga meraih penghargaan ini. Yakni Rektor Universitas Telkom, Adiwijaya, Rektor Universitas Komputer Indonesia, Eddy Soeryanto Soegoto, dan Rektor Universitas Trisakti, Kadarsah Suryadi.

Baca juga: Manfaat Menerima Vaksin Covid-19 Anak 6-11 Tahun, Siswa Perlu Tahu

Prestasi UGM hasil kerja seluruh sivitas akademika

Panut bersyukur atas penghargaan yang diraih kali ini. Penghargaan tersebut dipersembahkan bagi UGM. Menurutnya, dengan berbagai capaian UGM merupakan hasil kerja bersama dari seluruh sivitas akademika UGM dan sinergi dengan KAGAMA dan para mitra.

"Penghargaan tersebut menjadi penyemangat dan mendorong saya untuk bekerja lebih baik lagi agar UGM lebih berkontribusi bagi masyarakat, bangsa, dan negara, serta kemanusiaan," kata Panut seperti dikutip dari laman UGM, Senin (20/12/2021).

Panut dipilih menerima penghargaan tersebut karena dinilai mampu mempertahankan reputasi UGM sebagai universitas terbaik di Indonesia.

Selain itu, dalam pemeringkatan perguruan tinggi terbaik versi 4UCU UniRank 2021, UGM kembali menduduki peringkat pertama di Indonesia dan peringkat ke-331 dunia.

Baca juga: Super Air Jet Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan SMA/SMK, Buruan Daftar

Selain itu dalam pemeringkatan versi QS World University Ranking 2021 dan 2022, UGM juga menduduki peringkat pertama di Indonesia dan peringkat 254 dunia.

Terus berupaya tingkatkan kolaborasi dan inovasi

Tak hanya itu, UGM di bawah kepemimpinan Panut juga terus berupaya meningkatkan kolaborasi serta inovasi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat termasuk kelompok difabel.

Langkah tersebut menjadikan UGM mendapatkan predikat sebagai Badan Publik Informatif dari Komisi Informasi Pusat (KIP) Indonesia selama tiga tahun terakhir.

Baca juga: Orangtua, Ketahui Pentingnya Ajarkan Anak 3 Kata Ajaib sejak Kecil

Selain itu, UGM juga berhasil mempertahankan juara umum PIMNAS selama empat tahun berturut sejak 2018. Prestasi lain yang baru-baru ini diraih UGM yakni berhasil menduduki posisi pertama bidang kemahasiswaan SIMKATMAWA selama lima tahun terakhir sejak 2017 lalu.

Di bawah arahan Panut Mulyono yang juga menjabat sebagai Ketua Forum Rektor Indonesia 2021-2022, UGM telah berhasil menjalin kerja sama dengan lebih dari 400 univeritas bereputasi di berbagai belahan dunia.

Di tengah pandemi Covid-19, Panut jberkomitmen mendorong UGM terus berinovasi, berkreasi, serta mengembangkan sejumlah terobosan yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Baca juga: Teliti Alga Merah Jadi Kandidat Obat Antivirus, Tim UNS Juara 3 KTI

Beberapa inovasi di bidang kesehatan dikembangkan untuk penanggulangan Covid-19 antara lain bilik swab dengan hepa filter, GeNose, ventilator, pengukur suhu tubuh dengan pemindai wajah, rapid test RI-GHA dan lain sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com