Lewat Gelatin Halal Limbah Sisik Ikan, Dosen Uhamka Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Bekasi

Kompas.com - 20/12/2021, 14:53 WIB

KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) melaksanakan pengabdian masyarakat di Kelurahan Margahayu, Kabupaten Bekasi Timur pada 16-19 Desember 2021.

Pengabdian masyarakat yang dilakukan Uhamka terkait edukasi dan pelatihan pemanfaatan limbah sisik ikan sebagai gelatin halal untuk digunakan menjadi kembang gula jelly. Inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga Margahayu, Bekasi.

Program pengabdian masyarakat ini sendiri adalah salah satu program hibah dari Kemendikbud Ristek.

Pengabdian masyarakat dilakukan dipimpin oleh Zulpahmi, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uhamka selaku Ketua Pelaksana dengan anggota Hariyanti dan Merina.

“Kegiatan workshop akan dilaksanakn selama 3 hari (Kamis, Sabtu, Minggu). kegiatan dimulai pada Kamis hari ini dengan penyampaian materi proses pembuatan gelatin halal dari limbah sisik ikan," jelas Zulpahmi atau yang akrab disapa Zul melalui rilis resmi (20/12/2021).

"Di hari Sabtu ada serah terima barang hibah dari Tim Pengmas Uhamka kepada Kelurahan Margahayu selaku mitra. Selain itu akan ada penaatan ruang yang selama ini masih belum dimanfaatkan,” ujar Zul.

Hendrik Kurniawan, Ketua RW 11 Margahayu dalam sambutan menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat bermanfaat terhadap perekonomian masyarakat Margahayu.

“Dari kegiatan yang diselenggarakan oleh Uhamka ini, tentunya kita mengharapkan kegiatan ini dapat dijadikan peluang usaha oleh warga, guna membantu perekonomian rumah tangga masyarakat," ungkap Hendrik.

Menanggapi hal itu, Prof. Abdurrahman H. Ghani, Wakil Rektor I Uhamka mengucapkan terima kasih terhadap Kelurahan Margahayu selaku mitra Pengabdian Masyarakat Uhamka.

Baca juga: Tim Pengmas Unej Ubah Bonggol Jagung Jadi Plastik Ramah Lingkungan

“Pada kesempatan ini, saya menyampaikan rasa terima kasih atas terlaksananya kegiatan PKM ini dengan dukungan sinergi yang terjalin antara tim Uhamka dengan warga sekitar diharapkan kegiatan ini akan terlaksana dengan baik," ujar Prof. Abdurrahman.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.