Kompas.com - 15/12/2021, 18:30 WIB

KOMPAS.com - Sidang UNESCO sesi ke-16 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage di Paris, Prancis, pada 15 Desember 2021, menetapkan Gamelan sebagai Warisan Budaya Tak Benda.

"Kabar baik terdengar dari dunia kebudayaan kita, yaitu pengakuan gamelan sebagai warisan budaya tak benda dunia oleh UNESCO. Luar biasa," ungkap Mendikbud Ristek Nadiem Makarim dalam sambutan penetapan tersebut.

Sejak abad ke-4, lanjut Nadiem, gamelan telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari masyarakat Indonesia dan terus diwariskan hingga hari ini.

Mendikbud Ristek Nadiem Makarim juga menjelaskan, proses pengusulan gamelan ke UNESCO telah dimulai sejak tahun 2019.

"Dan pada tahun ini akhirnya gamelan masuk dalam daftar warisan budaya tak benda yang ditetapkan UNESCO. Ini adalah capaian kita bangsa Indonesia yang tumbuh dalam keragaman budaya," tambah Nadiem.

Tak lupa Nadiem menyampaikan terima kasih kepada para pelaku budaya tradisi, khususnya pegiat gamelan  yang terus menjaga warisan budaya gamelan selama ini.

"Capaian ini adalah pengingat kita untuk terus bergerak serentak mewujudkan Merdeka Budaya," pungkas Nadiem Makarim.

Gamelan, koneksi manusia dan semesta

Mohamad Oemar, Duta Besar LBBP RI untuk Prancis, Andorra, Monako/Delegasi Tetap RI untuk UNESCO menyampaikan inskripsi gamelan, yang nominasinya diajukan oleh Indonesia sejak tahun 2019, menjadi warisan budaya ke-12 Indonesia yang diakui oleh UNESCO.

Sebelumnya Indonesia telah punya wayang, keris, batik, pendidikan membatik, angklung, tari Saman, tiga genre tari Bali, noken, pinisi, pencak silat, dan pantun.

Baca juga: Peringatan Hari Kartini di Moskow, Warga Rusia Main Gamelan dan Tarian Indonesia

Upaya pelestarian gamelan telah ada sejak lama dan dilakukan oleh berbagai pihak. Sejak tahun 2012, Kemendikbud Ristek membantu penyediaan gamelan ke berbagai sanggar.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.