Kompas.com - 15/12/2021, 16:30 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka merupakan program bantuan biaya pendidikan dari Kemendikbud Ristek bagi lulusan SMA atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasn ekonomi.

Hal ini berbeda dari beasiswa yang berfokus pada pemberian penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi.

Baca juga: Kemendikbud Ristek: Ini Jadwal Libur Sekolah Terbaru Saat Nataru

Walupun demikian syarat prestasi pada KIP Kuliah ditujukan untuk menjamin penerima terseleksi dari yang benar-benar mempunyai potensi dan kemampuan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi

Menurut Kepala Sub Bagian Kesejahteraan Mahasiswa UB Lisfadiana Eka Kurniawati, sebanyak 1.942 mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) telah menerima Beasiswa KIP Kuliah Merdeka di tahun ini.

"Dan nantinya diharapkan KIP Kuliah Merdeka dapat dimanfaatkan untuk mendukung kegaitan belajar selama menempuh pendidikan di UB," ucap dia melansir laman UB, Rabu (15/12/2021).

Dia menjelaskan, bantuan KIP Kuliah Merdeka besarannya berbeda untuk tiap-tiap perguruan tinggi serta memiliki durasi atau waktu yang berbatas.

Yaitu, maksimal 8 semester bagi mahasiswa program Sarjana (S1), 6 semester bagi mahasiswa program Vokasi D3, dan 2 semester bagi mahasiswa program vokasi D1.

"Tambahan 4 semester hanya diperuntukkan bagi mahasiswa Kedokteran, mahasiswa Kedokteran Gigi dan mahasiswa Kedokteran Hewan. Sedangkan untuk mahasiswa profesi (Farmasi dan Keperawatan) mendapat durasi penambahan hingga 2 semester," jelas dia.

Dia menambahkan, pencairan dana bantuan pendidikan KIP Kuliah Merdeka bagi mahasiswa UB di tahun 2021 mulai bisa dilakukan pada Senin (13/12/2021) lewat Bank Mandiri.

Baca juga: Tutup 2021, Unair Tambah 4 Guru Besar Baru

Sedangkan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UB, Prof. Abdul Hakim menegaskan, penerima bantuan KIP Kuliah Merdeka hendaknya bersyukur, serta tidak merasa minder dalam menjalankan perkuliahannya di UB.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.