Kompas.com - 15/12/2021, 15:23 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Ikan Hiu merupakan predator yang memiliki tugas menjaga kesinambungan rantai makanan di ekosistem laut.

Namun demikian, keberadaan ikan hiu juga sering diburu para nelayan. Pasalnya sirip ikan hiu memiliki nilai jual tinggi sehingga jadi incaran nelayan. Selain itu, hampir seluruh tubuh dari hiu juga memiliki manfaat.

Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) dari Sekolah Pascasarjana program studi Ilmu Kelautan Mohamad Saeful Hidayat, mengungkapkan fakta-fakta perburuan Ikan Hiu di Indonesia.

Dengan bimbingan dosen Hawis Madduppa dan I Wayan Nurjaya, Saeful melaksanakan riset tentang aktivitas penangkapan hiu di Kabupaten Sangihe dan Kabupaten Sitaro (Siau-Tagulandang-Biaro) Sulawesi Utara (Sulut).

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun Dorong Optimalisasi PTM

Komoditas hiu jadi target utama dan tangkapan sampingan

Hawis menerangkan, masih belum tersedianya informasi molekuler dan ekologi dari ikan hiu yang terdapat di perairan Sulawesi Utara.

Hal ini menjadi alasan dipilihnya pendekatan molekuler melalui DNA Barkoding dan Metabarkoding DNA Lingkungan dalam riset ini.

Menurut Saeful, nelayan skala kecil pada kedua kabupaten tersebut menjadikan komoditas hiu sebagai target utama dan tangkapan sampingan. Pulau Batuwingkung yang terletak di Kabupaten Sangihe sudah turun-temurun menangkap hiu.

"Komoditas perikanan hiu di sana memiliki nilai ekonomis tinggi, terutama sirip, jika dibandingkan dengan komoditas ikan lainnya seperti kakap dan kerapu," kata Saeful seperti dikutip dari laman IPB, Rabu (15/12/2021).

Baca juga: Orangtua, Seperti Ini 4 Cara Menstimulasi Kecerdasan Anak

Alat tangkap yang digunakan nelayan

Ia menambahkan, nelayan Batuwingkung menggunakan alat tangkap rawai hanyut untuk menangkap hiu dengan ikan kakap dan kerapu sebagai umpannya.

Nelayan di Kabupaten Sitaro menjadikan hiu sebagai tangkapan sampingan dan lebih memilih ikan kakap dan kerapu sebagai target utama tangkapan.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.