Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Unej Korban Erupsi Gunung Semeru Peroleh Pembebasan UKT

Kompas.com - 15/12/2021, 15:03 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memberikan bantuan kepada mahasiswa Universitas Jember (Unej) asal Lumajang yang menjadi korban erupsi Gunung Semeru.

Bantuan ini berupa pembebasan Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk semester gasal tahun akademik 2021/2022.

Baca juga: Pakar Unpad: Ini Bahaya Hirup Debu Vulkanik Gunung Semeru

Kebijakan ini disampaikan langsung oleh Rektor Universitas Jember (Unej), Iwan Taruna kepada Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati di Kantor Bupati Lumajang (13/12/2021).

Kedatangan Rektor Unej bersama Wakil Rektor I dan III serta Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) dalam rangka menyerahkan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang.

Menurut Iwan Taruna, selain mendapatkan pembebasan UKT para mahasiswa ini juga mendapatkan bantuan dari Universitas Jember berupa uang tunai dan kebutuhan lainnya yang dihimpun dari keluarga besar Unej.

Dia mengaku, kebijakan pemberian bantuan ini telah disampaikan langsung oleh Kemendikbud Ristek melalui Dirjen Dikti Prof. Nizam lewat dirinya.

Karena, ini merupakan salah satu bentuk perhatian dan kepedulian agar para mahasiswa tetap bisa melanjutkan kuliahnya.

"Kedua, kami menyerahkan bantuan yang berasal dari keluarga besar Universitas Jember kepada warga Lumajang yang terdampak erupsi gunung Semeru melalui Baznas Lumajang seperti yang disarankan oleh Pemkab Lumajang," kata Iwan Taruna melansir laman Unej, Rabu (15/12/2021).

Dia menyebut, bantuan dari Unej ini mendapatkan apresiasi dari Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati.

Baca juga: Kemendikbud Ristek: Ini Jadwal Libur Sekolah Terbaru Saat Nataru

Menurut Indah, Pemkab Lumajang terus berusaha menangani dampak erupsi gunung Semeru oleh karena itu membutuhkan bantuan dan dukungan dari semua pihak.

Saat ini, pihaknya terus melakukan pencarian korban dan melakukan penanganan bagi korban, seperti pembangunan hunian sementara termasuk memberikan penyembuhan trauma bagi korban erupsi Gunung Semeru.

"Semua itu memerlukan waktu, oleh karena itu kami menyampaikan terima kasih atas bantuan dari Unej," ucap wanita yang juga merupakan alumni Unej.

Dia juga berjanji akan memberikan data mahasiswa asal Lumajang yang terdampak erupsi gunung Semeru yang kuliah di Unej.

Rektor Iwan memberikan bantuan secara simbolis kepada lima mahasiswa Unej yang menjadi korban erupsi Gunung Semeru.

Mereka adalah Devani Ramadhani (mahasiswa Prodi Hubungan Internasional FISIP), Novia Dwiyanti (mahasiswa dari Prodi Diploma Teknik Elektronika FT), dan Nabila Firdausi (mahasiswa dari Prodi Diploma Perpajakan FISIP).

Kemudian ada Nurhalimah (mahasiswa dari Prodi Pendidikan IPA FKI) dan Nurul Alfiani (mahasiswa dari Prodi Penyuluhan Pertanian Faperta).

Baca juga: Pakar Geologi UGM: Pengamatan Gunung Semeru Perlu Kombinasi Sejumlah Metode

Dari kelima mahasiswa, Devani Ramadhani mendapatkan ujian terberat. Mahasiswa Unej asal Dusun Kebonagung Desa Sumber Wuluh ini kehilangan tujuh kerabatnya yakni paman dan sepupu akibat erupsi Gunung Semeru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com