Kompas.com - 14/12/2021, 21:34 WIB

KOMPAS.com - Tujuan pendidikan bukan hanya menghasilkan generasi cerdas, berpengetahuan, dan terampil, melainkan juga berkarakter baik dan berbudi luhur. Pengembangan karakter dinilai menjadi unsur penting dalam pendidikan.

Menyadari hal ini, Universitas Prasetiya Mulya menggelar kegiatan seni dan budaya bertajuk “Ragam”. Pada tahun ini “Ragam” mengangkat kesenian kesusastraan dengan judul acara "Prasmul Punya Kata" yang membawa pesan nilai nondiskriminasi.

“Ragam merupakan event pertama di Universitas Prasetiya Mulya yang mengajak seluruh civitas Universitas Prasetiya Mulya tidak hanya mahasiswa, faculty member, dan staf, tetapi juga alumni," ungkap Antonius Puspo Kuntjoro, Ketua Pelaksana "Ragam 2021" pada Senin (13/12/2021).

"Sehingga diharapkan gaungnya bisa memberikan dampak yang baik,” tambah Antonius yang juga merupakan Kepala UPT Pengembangan Karakter Sekolah Bisnis dan Ekonomi Universitas Prasetiya Mulya.

Dalam pelaksanaannya, Ragam telah melaksanakan kegiatan lokakarya kesusastraan diantaranya Lokakarya Menulis Pidato, Lokakarya Menulis Cerpen, dan Lokakarya Menulis Puisi.

Lokakarya Menulis Pidato dilakukan sebagai pembuka rangkaian pada kegiatan Ragam. Lokakarya ini bekerja sama dengan Teater dan diadakan selama 2 hari yakni pada hari Sabtu dan Minggu, 6-7 November 2021.

Hari pertama diisi Yudi Latif, Pakar Aliansi Kebangsaan, dan pada hari kedua diisi Teater Pandora untuk belajar penguasaan diri pada saat pembacaan pidato.

Selanjutnya rangkaian kegiatan kedua adalah Lokakarya Menulis Cerpen pada Kamis, 11 November 2021 yang diisi Ibnu Wahyudi, Dosen Reading & Writing Universitas Prasetiya Mulya dan Dosen Sastra di Universitas Indonesia serta seorang sastrawan di Indonesia.

Baca juga: Pameran Virtual Face to Face FSRD IKJ, Memaknai Tatap Muka lewat Seni

 

Rangkaian lokakarya terakhir adalah Lokakarya Menulis Puisi yang bekerjasama dengan Wahana Kreator Nusantara dan dalam pelaksanaannya diadakan selama 3 hari pada hari Jumat-Minggu, 12-14 November 2021.

Puncak acara Ragam diadakan pada 14 Desember 2021 dengan mengangkat tema “Relevansi dan Pentingnya Sastra Bagi Kaum Muda di Era Digital” dan mengundang Leila Chudori serta Faisal Oddang selaku penulis senior dan penulis muda.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.