Raih Doktor Prodi Mandarin USU, Dosen Ini Ingin Tingkatkan Kompetensi Mahasiswanya

Kompas.com - 10/12/2021, 15:17 WIB
|

KOMPAS.com - Ilmu yang diraih hendaknya dapat bermanfaat bagi orang lain. Terlebih yang telah meraih gelar akademik tertinggi, ilmu yang diraih harus membawa manfaat.

Seperti lulusan Program Studi S3 Linguistik Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sumatera Utara (USU), Dr. Tengku Kasa Rullah Adha, S.S., MTCSOL.

Dr. Tengku Kasa mengatakan, ia ingin mahasiswanya menjadi penerjemah bahasa. Tapi, bahasa yang dimaksud ialah bahasa Mandarin.

Baca juga: Mahasiswa UNY Manfaatkan Limbah Tempe untuk Suburkan Tanaman

Ia sendiri telah berhasil mempertahankan disertasinya dalam ujian Promosi Doktor (Sidang Terbuka), Kamis (9/12/2021).

Ingin tingkatkan kompetensi mahasiswa

Dosen yang kini menjabat Sekretaris Prodi Bahasa Mandarin FIB USU itu mempertahankan disertasinya yang berjudul “Proses Penentuan Kompetensi Mahasiswa Mandarin ke Bahasa Indonesia: Studi Kasus Program Studi Bahasa Mandarin Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara”.

Dikatakan, dalam disertasinya ia melihat bagaimana mahasiswa bisa atau tidak menjadi seorang penerjemah, khususnya dalam kompetensi mereka.

"Karena kita lihat sekarang banyak diminta menjadi penerjemah dalam dunia kerja, jadi saya melihat potensi mahasiswa saya menjadi penerjemah," jelas Dr. Tengku Kasa seperti dikutip dari laman USU.

Ia juga mengungkapkan, setelah ini akan fokus meningkatkan kompetensi mahasiswa FIB untuk dapat bersaing di dunia kerja nasional maupun internasional.

"Saya akan memberikan yang terbaik agar Program Studi Mandarin bisa lebih maju," harapnya.

Wakil Rektor I Dr. Edy Ikhsan, SH., MA., mengucapkan selamat kepada Dr. Tengku Kasa Rullah Adha, S.S., MTCSOL yang telah meraih gelar tertinggi akademik.

Baca juga: Cop Busi Daur Ulang Plastik Inovasi Mahasiswa UNY Bikin Bertenaga Tapi Irit

"Semoga ilmu yang didapat dapat bermanfaat untuk orang lain, khususnya untuk kemajuan USU secara umum dan khususnya Prodi Bahasa Mandarin, FIB USU," ujar Edy Ikhsan.

Sementara Ketua Prodi Linguistik Dr. Mulyadi, M.Hum., mengatakan, keberhasilan Dr. Tengku Kasa menjadi doktor pertama dari program studi Mandarin akan menjadi pemicu lahirnya doktor berikutnya.

"Saya berharap dengan pencapaian prestasi yang dilakukan oleh Dr. Tengku Kasa dapat memperkuat sumber daya manusia yang ada di Prodi Mandarin khususnya, dan FIB USU," tandas Dr. Mulyadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.