KILAS

Universitas Prasetiya Mulya Ajak Lulusan Perkuat Persepsi Sains Positif

Kompas.com - 08/12/2021, 17:16 WIB
Lisabel, S. Par, lulusan S1 Hospitality Business Universitas Prasetya Mulya yang meraih predikat Best of the Best. DOK. Humas Universitas Prasetya Mulya Lisabel, S. Par, lulusan S1 Hospitality Business Universitas Prasetya Mulya yang meraih predikat Best of the Best.

KOMPAS.com – Seiring perkembangan zaman, kemajuan sains telah membawa perubahan signifikan terhadap lanskap pertumbuhan dunia bisnis pada masa depan.

Hal tersebut semakin memperkuat fakta bahwa perkembangan dunia bisnis akan tumbuh beriringan dengan kemajuan di bidang sains.

Data dari World Economic Forum Report menyebutkan, terdapat 14 industri yang akan mendominasi pada masa depan. Kebanyakan industri ini lekat dengan pengaplikasian sains dan penggunaan teknologi.

Berbagai sektor tersebut, seperti internet of things, artificial intelligence, virtual reality, robotic, renewable energy, cyber security, blockchain technology, dan genomic.

Ketua Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) Satryo Soemantri Brodjonegoro mengatakan, dunia sedang mengalami perubahan, yakni perkembangan teknologi tidak lagi mengikuti pertumbuhan linear namun pertumbuhan eksponensial.

Baca juga: Prasmul Jadi Salah Satu Perguruan Tinggi yang Paling Banyak Menangkan Kompetisi Wirausaha

“Perubahan ini memungkinkan invensi teknologi yang transformatif menjadi lebih cepat dibandingkan proses inovasi yang sudah ada sehingga menimbulkan tantangan drastis bagi bisnis, pemerintah, dan masyarakat,” kata Satryo, dikutip dari keterangan pers resminya, Rabu (8/12/2021).

Dia mengatakan itu saat menyampaikan pidato ilmiahnya pada acara wisuda Universitas Prasetiya Mulya bertema “Pemupukan Persepsi Sains yang Positif dan Pemajuan Bisnis Berbasis STEM di Indonesia” yang diselenggarakan secara hibrida, Selasa (7/12/2021).

Oleh karena itu, Satryo menyatakan, literasi sains yang positif penting untuk dimiliki guna bersiap menjawab tantangan yang muncul dan mengambil manfaat dari pertumbuhan tersebut.

Dia juga mengatakan, perusahaan startup yang muncul seiring perkembangan eksponensial memiliki kinerja yang lebih baik dari perusahaan konvensional.

Pasalnya, perusahaan startup memaksimalkan digitalisasi dan artificial intelligence.

Baca juga: 5 Tips Bekerja di Startup Unicorn Gojek ala Alumni Prasmul

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.