Kompas.com - 08/12/2021, 14:28 WIB
Rektor Universitas Airlangga (Unair) Prof. Nasih. Tangkap layar laman UnairRektor Universitas Airlangga (Unair) Prof. Nasih.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Rektor Universitas Airlangga (Unair) Prof. Nasih mengatakan, penambahan guru besar di Unair akan lebih memberikan kontribusi secara signifikan bagi kemajuan baik nasional maupun global.

Menurutnya, ide dan gagasan yang disampaikan guru besar baru merupakan energi dan semangat baru yang akan menginspirasi masyarakat.

Hal ini disampaikan Prof. Nasih dalam Sidang Terbuka pengukuhan empat guru besar baru di lingkungan Unair.

Empat guru besar yang dikukuhkan yakni Prof. Dewi Melani Hariyadi dalam bidang Ilmu Farmasetika Fakultas Farmasi, Prof. Hartati dalam bidang Ilmu Kimia Fakultas Sains dan Teknologi, Prof. Indah Listiana Kriswandini dalam bidang Ilmu Biologi Oral Fakultas Kedokteran Gigi dan Prof. Alfiah Hayati dalam bidang Ilmu Fisiologi Hewan Fakultas Sains dan Teknologi.

Baca juga: UM Surabaya Akui 4 SKS bagi Mahasiswa yang Jadi Relawan Bencana Semeru

Gagasan para guru besar harus ditindaklanjuti

Prof. Nasih berharap, gagasan yang sudah disampaikan dapat ditindaklanjuti dalam langkah riset yang lebih riil.

Dengan tujuan bisa menghasilkan sesuatu yang bisa dimanfaatkan masyarakat baik di tingkat nasional maupun internasional.

Prof. Nasih mengungkapkan, hal itu merupakan tugas para guru besar dan akademisi untuk dapat mengoptimalkan pemanfaatan itu sebaik-baiknya untuk kesejahteraan umat manusia.

Baca juga: Akademisi UGM: 3 Bahan Ini Bisa Kurangi Malanutrisi Pasien Hemodialisis

Rektor Unair menekankan, mencari dan menemukan sesuatu bermanfaat dan mencari obat dari segala penyakit adalah tugas dari para cerdik cendekia.

"Tidak ada penyakit yang tidak ada obatnya, yang ada penyakit tersebut belum ditemukan obatnya oleh para peneliti," ungkap Prof. Nasih seperti dikutip dari laman Unair, Rabu (8/12/2021). 

Dia menambahkan, itu adalah tanggung jawab yang besar bagi guru besar dalam meningkatkan dan menindaklanjuti riset-risetnya.

Baca juga: Pamapersada Buka 16 Posisi Lowongan Kerja Lulusan D3-S1, Buruan Daftar

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.