Kompas.com - 07/12/2021, 16:50 WIB
Universitas Negeri Malang (UM) resmi menyandang status Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH). DOK. Universitas Negeri MalangUniversitas Negeri Malang (UM) resmi menyandang status Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH).
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Negeri Malang (UM) resmi menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH).

Hal itu berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 115 Tahun 2021 tentang Perguruan Tinggi Badan Hukum UM yang ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca juga: 15 Perguruan Tinggi Berstatus PTN-BH, Berikut Daftarnya

Rektor UM, Prof. Rofi’uddin menyampaikan, perubahan UM dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Badan Layanan Umum (BLU) menjadi PTN-BH tidak serta merta.

Melainkan, kata dia, melalui proses kajian yang panjang dan mendalam oleh pemerintah pusat.

Proses kajian itu untuk memastikan kesiapan dan kelayakan UM menjalankan otonomi yang lebih luas dalam pengelolaan perguruan tinggi.

"Dengan tujuan agar UM dapat menyelenggarakan pendidikan tinggi yang memiliki daya saing nasional maupun global," ucap dia melansir laman UM, Selasa (7/12/2021).

Pencapaian PTN-BH ini, menurut dia, sejalan dengan visi UM yang ingin menjadi perguruan tinggi tingkat Asia dan dikenal dunia.

Sebab dengan status ini, maka UM punya fleksibilitas yang sangat luas.

"Dengan otonomi (PTN-BH) itu, kami akan optimalkan untuk bisa menjadi unggul dan rujukan di Asia. Ini bukanlah suatu pekerjaan yang mudah bagi perguruan tinggi," jelas dia.

Terbitnya PP No.115 tahun 2021 tentang PTN-BH ini juga tidak serta merta salah satu income generating UM melalui pembebanan uang kuliah tunggal (UKT) menjadi naik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.