Growth Center
Powered by Kompas Gramedia

Sebagai bagian dari KOMPAS GRAMEDIA, Growth Center adalah ekosistem solusi yang memfasilitasi pertumbuhan organisasi dan individu untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka. Growth Center hadir untuk menjadi teman bertumbuh dalam mempercepat pertumbuhan dan transformasi melalui solusi sumber daya manusia berbasis teknologi yang teruji secara saintifik berdampak.

Kami meningkatkan pertumbuhan para individu melalui proses siklus yang berkelanjutan dari menemukan jati diri (discovery) hingga menyediakan pengembangan (development) yang diperlukan. Semua ini hadir dalam produk kami, Kognisi Discovery dan Kognisi Development untuk memfasilitasi individu untuk mengenal dirinya sendiri dan berkembang sesuai dengan keunikan (idiosyncrasy) mereka.

Silakan kunjungi situs kami www.growthcenter.id dan info kolaborasi lebih lanjut bisa kirim surel ke info@growthcenter.id.

 

Cara Mencapai Kesuksesan lewat Belajar

Kompas.com - 07/12/2021, 16:27 WIB
Cara Mencapai Kesuksesan Lewat Belajar Dicky SuryaCara Mencapai Kesuksesan Lewat Belajar

Belajar adalah sebuah tindakan untuk memperoleh dan mengerti hal-hal baru. Belajar merupakan sebuah proses yang akan selalu kita lalui seumur hidup. Seperti halnya ketika kita baru saja lulus kuliah dan akan memasuki dunia kerja, maka kita akan "terkejut" dengan budaya yang ada dalam dunia kerja.

Lingkungan, nilai-nilai, dan orang-orang baru yang ada di dunia kerja tentu sangat berbeda dengan dunia perkuliahan.

Kita memerlukan sebuah metode belajar untuk dapat beradaptasi di lingkungan baru. Metode belajar yang kita bahas ini ini bernama metode unlearn-relearn. Kenapa metode ini dinamakan unlearn-relearn?

Karena dalam metode ini kita melepaskan, membentuk ulang, atau beralih dari pola pikir yang berguna atau perilaku yang dimiliki, yang tadinya efektif di masa lalu namun sekarang menghambat kesuksesan kita.

Ketika kita terbuka pada diri sendiri dan orang lain, maka kita akan menyerap banyak ilmu dari orang di sekitar kita. Bayangkan jika kita merasa sombong, maka kita akan kehilangan kesempatan untuk belajar banyak hal.

Dalam hidup, perlu diingat bahwa sukses bukanlah sebuah garis finish, kita juga perlu mempertahankan kesuksesan. Banyak belajar adalah salah satu cara untuk mencapai dan mempertahankan kesuksesan kita.

Terdapat orang-orang yang berhasil mencapai kesuksesan, mereka mengalami attribution bias atau bias atribusi. Mereka tetap setia menggunakan pola pikir, perilaku, dan metode lama mereka yang pernah efektif dalam mencapai kesuksesan untuk bertahan di masa kini.

Sukses tanpa senantiasa belajar hanya akan menghalangi kita untuk mencapai kesuksesan selanjutnya, bahkan sulit mempertahankan kesuksesan yang kita miliki.

Bagaimana sih cara kita untuk mencapai kesuksesan kita? Yuk simak pembelajarannya di bawah ini!

Baca juga: Maudy Ayunda Berpendapat Budaya Cinta Belajar di Indonesia Masih Kurang

Unlearn

Pertama kita harus memahami konsep unlearn dalam usaha mencapai kesuksesan. Kita melupakan atau menghapus pola pikir dan metode yang membuat kesuksesan kita di masa lalu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.