Kompas.com - 07/12/2021, 09:00 WIB
Institut Teknologi Bandung (ITB) Dok. ITBInstitut Teknologi Bandung (ITB)

KOMPAS.com - Setiap tahunnya, Institut Teknologi Bandung (ITB) selalu menjadi incaran para calon mahasiswa.

Baik melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) atau jalur mandiri.

Di tahun 2022, rencananya SNMPTN digelar Februari 2022. Tahun ini, sebanyak 1.630 calon mahasiswa dinyatakan lolos masuk Institut Teknologi Bandung jalur SNMPTN.

Dari jumlah tersebut, fakultas atau sekolah yang menerima calon mahasiswa terbanyak adalah di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) sebanyak 195 orang, selanjutnya di FMIPA, 166 orang, dan Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) Kampus Ganesha, 129 orang, serta FTTM Kampus Cirebon, 43 orang.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Jalur Mandiri PTN 2021: UI, UGM, ITB

Seluruh calon mahasiswa yang masuk melalui jalur SNMPTN tersebut, menurut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Jaka Sembiring tersebar di 20 fakultas dan sekolah yang ada di ITB.

Selain itu, sebaran daerah asal calon mahasiswa yang diterima di jalur SNMPTN ITB 2021 paling banyak berasal dari Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. “Dalam melakukan seleksi penerimaan, kami selalu mengedepankan kualitas akademik calon mahasiswa,” tutur Prof. Jaka dilansir dari laman ITB saat mengumumkan hasil SNMPTN 2021.

Agar bisa lolos ITB, ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan. Misalnya, mengamati prodi dengan daya tampung terbanyak atau peminat tahun 2020. Seberapa banyak daya tampung dan peminatnya? Dilansir dari data LTMPT, berikut daftarnya.

1. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Jalur Mandiri PTN 2021: Unpad, Unair, ITS

2. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)

  • Daya tampung: 165
  • Peminat tahun 2020: 1.351

3. Fakultas Teknik Pertambangan Dan Perminyakan (FTTM)

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.