Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UNS Siap Bangun Kampus di Jakarta, Ini Prodi yang Ditawarkan

Kompas.com - 06/12/2021, 19:45 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengaku terus memperluas jaringan cabang kampusnya di sejumlah daerah di Indonesia.

Kini, UNS akan segera membuka kampus baru di Jakarta pada tahun 2022.

Baca juga: Putusan MK Soal UU Cipta Kerja, Ini Kata Pakar Hukum UNS

Setelah sebelumnya membuka Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) untuk Sekolah Vokasi (SV) UNS di Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

"Mohon doanya UNS akan mencari kampus di Jakarta tahun 2022 mendatang," ucap Rektor UNS, Prof. Jamal melansir laman UNS, Senin (6/12/2021).

Dia menerangkan, pembukaan kampus baru UNS di Jakarta dimaksudkan untuk memfasilitasi alumnus UNS di Ibu Kota yang ingin studi lanjut pada jenjang S2 dan S3.

Dia menambahkan, nantinya kampus baru UNS di Jakarta akan terbuka bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya yang ingin studi lanjut ke UNS tanpa perlu datang ke Surakarta.

Dana besar disiapkan bangun kampus baru UNS di Jakarta

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis, dan Informasi UNS, Prof. Sajidan menyebut UNS menganggarkan dana Rp 50 miliar dalam pembukaan kampus baru UNS di Jakarta.

Tak lupa, dana pembukaan kampus baru telah disiapkan dan sudah masuk dalam Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT) 2022 dan telah disetujui Majelis Wali Amanat (MWA) UNS.

Baca juga: Kemendikbud Ristek: Sekolah dan Kampus Tak Libur Selama Periode Nataru

"Rencana pembukaan kampus cabang Jakarta adalah bentuk kerja sama UNS dengan stakeholder yang ada di Jakarta, termasuk juga alumni yang ada di sana dan sekitarnya yang perlu akses pendidikan," ucap Prof. Sajidan.

Prof. Sajidan menyampaikan, kampus baru di Jakarta juga akan digunakan sebagai Kantor Perwakilan UNS.

Tujuannya, untuk memfasilitasi kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

"Di luar itu kami juga menawarkan suatu program kerja sama dengan PPATK yang akan segera ditandatangani, BPK, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kejaksaan Agung, dan stakeholder IKA UNS di Jakarta dan sekitarnya," tegas dia.

Sebagai permulaan, UNS hanya akan membuka dua program studi (prodi), yaitu S3 Ilmu Hukum dan S3 Program Doktor Ilmu Ekonomi.

Dua prodi ini disiapkan UNS, sebab memiliki banyak peminat dan kesiapannya telah matang.

Baca juga: UB: Mahasiswi NWR Pernah Laporkan Pelecehan Seksual di Januari 2020

"Untuk lokasinya memang belum bisa saya sampaikan. Tapi, target UNS kampus baru di Jakarta akan terealisasi tahun 2022," jelas Prof. Sajidan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com