Kompas.com - 06/12/2021, 16:42 WIB
Ilustrasi disabilitas FreepikIlustrasi disabilitas
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Tiap tanggal 3 Desember diperingati sebagai Hari Disabilitas Internasional.

Meski memiliki kekurangan, namun banyak penyandang disabilitas di dunia maupun di Indonesia yang memiliki banyak berprestasi.

Angka penyandang disabilitas di dunia hampir miliaran. Sementara di Indonesia, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2020, jumlah penyandang disabilitas mencapai 22,5 juta atau sekitar 5 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

Guru Besar Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Prof. Budiyanto menerangkan, penyandang disabilitas memang memiliki kekurangan.

Baca juga: Denso Indonesia Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan D3, Ayo Daftar

Penyandang disabilitas punya potensi dan keistimewaan

Namun demikian, mereka juga memiliki potensi dan keistimewaan yang kadang tidak dimiliki orang-orang pada umumnya.

"Karena secara teoritik masing-masing disabilitas memiliki keunikan dan memiliki kelebihan di bidang tertentu," kata Prof. Budiyanto seperti dikutip dari laman Unesa, Senin (6/12/2021).

Budiyanto memberi contoh, kelompok disabilitas yang intelektualnya rendah, justru memiliki kelebihan di aspek lain. Apabila kelebihan itu diadu dengan orang normal, pun tidak bisa mengunggulinya.

"Sederhananya saja, tunanetra itu memiliki kemampuan dalam penguasaan kota kata yang banyak ketimbang orang normal," paparnya.

Baca juga: 15 Jurusan Sepi Peminat di Unpad, Jadi Referensi Daftar SNMPTN 2022

Hal ini disampaikan Prof. Budiyanto dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional yang diadakan Pusat Prestasi Nasional.

Founder Thisable Beauty Care Fanny Evrita Rotua Ritonga yang merupakan salah satu kaum disabilitas fisik turut menjadi pembicara dalam acara tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.