Kompas.com - 06/12/2021, 11:00 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa

KOMPAS.com - Memilih jurusan kuliah perlu dilakukan dengan pertimbangan matang. Salah pilih jurusan berpotensi membuat mahasiswa tidak menikmati proses kuliah, seperti kehilangan minat untuk mempelajari materi kuliah.

Kondisi tersebut bisa membuat capaian nilai tidak maksimal, bahkan menganggu kelancaran proses skripsi. Bila skripsi "molor", ini akan memengaruhi kelulusan juga.

Kalau kamu sudah merasa salah pilih jurusan, mau mengulang kuliah lagi tentu akan memakan waktu yang lebih lama. Jadi, kuncinya ialah jangan asal mendaftar jurusan kuliah, apalagi hanya ikut-ikutan teman. Dilansir dari laman Brain Academy, ada 7 cara menemukan jurusan kuliah yang tepat.

Baca juga: Kuliah Gratis, Ini 11 Prodi S1 Militer Universitas Pertahanan dan Syarat

1. Apa yang kamu suka?

Pasti banyak dari calon mahasiswa bingung apa yang bisa dipilih dari sekian banyak jurusan. Sebenarnya, potensi yang ada di dalam diri kamu dapat diketahui dengan mudah dan bisa menjadi cara memilih jurusan.

Contohnya, apa yang kamu lakukan di saat senggang? Memasak, menonton anime, atau menulis? Jika kegiatan ini sering dilakukan dan membuatmu bersemangat, pilih jurusan yang berkaitan dengan aktivitas tadi. Misalnya, jurusan Broadcasting untuk yang hobi menonton dan punya cita-cita membuat film sendiri.

2. Minat dan bakat setiap orang berbeda

Bagaimana kalau kamu tidak suka menonton, memasak, menulis, dan semacamnya? Bagaimana kalau ternyata hari-hari kamu diisi dengan rebahan sambil baca buku, komik, dan lainnya? Tenang, minat dan bakat nggak melulu tentang menghasilkan karya.

Setiap orang memiliki kelebihannya masing-masing, mungkin kamu belum menyadarinya. Bisa juga, kamu ternyata adalah pendengar yang baik dan sering dimintai saran ketika temanmu sedang dalam masalah? Kalau iya, kamu cocok masuk jurusan Psikologi atau Pendidikan Guru BK.

Baca juga: Kuliah Gratis dan Jadi ASN, Ini 13 Prodi IPDN dan Syarat

3. Riset jurusan

Malu bertanya berujung pada penyesalan. Mumpung waktunya masih ada, gali informasi sebanyak-banyaknya seputar program studi yang ingin diambil.

Luangkan waktu untuk mengobrol dengan guru BK, kakak alumni, tutor di tempat kamu bimbel. Jangan termakan mitos yang beredar, apalagi saat mendengar ledekan orang. Seperti, kamu mau masuk farmasi, diejek bakal jualan obat.

Penting untuk mengetahui mata kuliah, tantangan, serta prospek kerja di masa depan. Hal ini membantu kamu untuk mempunyai gambaran tentang perkuliahan dan nggak khawatir mau jadi apa setelah lulus nanti.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.