Kompas.com - 04/12/2021, 22:00 WIB
Jadwal SNMPTN 2022 DOK. LTMPTJadwal SNMPTN 2022

KOMPAS.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah merilis jadwal dan tahapan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022.

Saat ini, sosialisasi mengenai Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dan SNMPTN sedang berlangsung.

Dilansir dari laman LTMPT, jalur penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dilakukan melalui tiga jalur. Pertama, SNMPTN yang dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik atau portofolio calon mahasiswa.

Baca juga: Jadwal SNMPTN 2022, Berikut Ketentuannya

Kedua, Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta kriteria lain yang disepakati PTN. Ketiga, seleksi mandiri dimana dapat menggunakan nilai hasil UTBK.

Tahun ini, peluncuran kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru SNMPTN sendiri baru akan digelar 4 Januari 2021. Pada hari itu juga, siswa sudah dapat melakukan pembuatan akun LTMPT.

Sedangkan pendaftaran SNMPTN sendiri berlangsung pada 14-28 Februari 2022. Melansir laman LTMPT, ada sejumlah aturan bagi peserta SNMPTN. Misalnya, tahap pendaftaran dan syarat pendaftaran.

Semua syarat ini digunakan untuk mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). PDSS merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa yang eligible mendaftar.

Tetapi, sebelum SNMPTN resmi dibuka, apakah kamu sudah siap dengan program studi yang kamu pilih? Lalu, bagaimana cara memilih program studi di SNMPTN?

Syarat memilih program studi SNMPTN 2022

LTMPT memberikan aturan ketat pada peserta saat memilih program studi. Berikut tiga hal yang harus kamu ketahui:

1. Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.