Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Tingkatkan Kemampuan Excel? Yuk, Ikut Webinar Gratis DQLab UMN

Kompas.com - 03/12/2021, 18:30 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi yang kian pesat, membuat banyak perusahaan kini sudah mulai mengimplementasikan data driven atau pekerjaan mengolah data, guna menunjang performa dari perusahaan tersebut.

Faktanya, pengolahan data tidak hanya pada bidang yang berkaitan dengan teknologi, bidang-bidang non-IT kini juga menuntut pekerja untuk bisa mengolah data sederhana, seperti menggunakan microsoft excel.

Itulah alasan, mengapa salah satu kualifikasi dasar yang perlu dimiliki lulusan baru adalah menguasai dasar Excel.

Alasan utama bagi pemula dan non-IT untuk segera mempelajari Excel ialah karena hampir semua profesi menggunakan Excel sebagai tools dasar pengolahan data, bahkan untuk perhitungan sederhana.

Baca juga: 7 Rumus Excel yang Banyak Digunakan Dunia Kerja dan Contohnya

Selain proses pengolahan data, Excel juga sangat mendukung hasil data yang telah diolah dalam bentuk visual. Secara garis besar tools ini cukup melengkapi kebutuhan untuk menyajikan data yang insightful dan bercerita karena bisa divisualisasikan.

Yuk, mulai mengenal dan belajar Excel bagi pemula

Founder Xeratic, Feris Thia mengatakan dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan lebih di Excel, maka seseorang memiliki nilai lebih dalam hal beradaptasi dan mengomunikasikan berbagai hal di perusahaan sehingga pekerjaan menjadi lebih lancar.

“Excel adalah aplikasi yang paling banyak digunakan untuk urusan pengolahan data baik oleh staf Non-IT dan IT, termasuk manajemen. Penggunaannya yang luas dari administrasi kantor sehari-hari seperti pencatatan akuntansi, perhitungan gaji, dan lain-lain sampai dengan pengolahan data yang lebih rumit seperti simulasi anggaran membuat perannya selama 30 tahun sejak peluncurannya tidak pernah berkurang bahkan semakin penting di perusahaan," ujarnya dalam keterangan tertulis.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti bagi Lulusan SMA-SMK, D1-D3 dan S1, Yuk Daftar

Apalagi, lanjut dia, jika melihat perkembangan teknologi yang terbilang sangat pesat saat ini, rasanya hampir semua industri pasti membutuhkan proses penginputan data dan pelaporan kinerja. Itulah mengapa, kerap kali Excel ini menjadi skill yang paling minimal yang harus dikuasai dalam dunia kerja.

Selain membantu untuk proses pengolahan data, Excel juga ramah untuk pemula, karena formula dan functionnya terbilang cukup mudah untuk digunakan bahkan oleh pemula sekalipun.

Pasalnya, formula dan function yang digunakan untuk analisis data di Microsoft Excel tidak serumit coding yang ada dalam bahasa pemrograman seperti R, Python, dan lain sebagainya.

Dengan banyaknya kualifikasi pekerjaan dengan minimal menguasai dasar Excel, DQLab hadir untuk menjawab kebutuhan calon talent data untuk memahami pentingnya Excel dalam dunia Data Science.

DQLab akan menyelenggarakan webinar bertema “Hubungan Excel dengan Data Science” yang akan diselenggarakan pada 13 Desember 2021 dengan pembicara seorang Praktisi Data, Yunika Laurensia yang juga merupakan Data Analyst salah satu Marketplace terbesar di Indonesia, serta Member dan alumnus DQLab.

Baca juga: Indofood CBP Buka Puluhan Lowongan Kerja bagi Lulusan SMA/SMK, D3, S1

Materi yang akan dipelajari selama sesi Talkshow di antaranya adalah:

  • Mengenal lebih jauh apa itu Microsoft Excel
  • Pentingnya belajar Excel dalam Data Science
  • Sharing pengalaman menggunakan Excel dalam pekerjaan sehari-hari
  • Tips dan Trik Belajar Excel terutama untuk pemula dan non-IT

“Excel itu merupakan salah satu software atau aplikasi untuk mengolah data. Jaman sekarang hampir semua company sudah bergerak berdasarkan data. Jadi untuk background non-IT dan IT, jika nanti bekerja, mau di bidang apapun yang bahkan di luar data pasti tools Excel ini akan sangat terpakai dan berguna,” tutur Yunika.

Registrasi dibuka hingga 12 Desember 2021 melalui laman https://bit.ly/registrasieventdqlab 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com