Kompas.com - 03/12/2021, 18:30 WIB
Webinar Excel Gratis DQLab Dok. DQLabWebinar Excel Gratis DQLab

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi yang kian pesat, membuat banyak perusahaan kini sudah mulai mengimplementasikan data driven atau pekerjaan mengolah data, guna menunjang performa dari perusahaan tersebut.

Faktanya, pengolahan data tidak hanya pada bidang yang berkaitan dengan teknologi, bidang-bidang non-IT kini juga menuntut pekerja untuk bisa mengolah data sederhana, seperti menggunakan microsoft excel.

Itulah alasan, mengapa salah satu kualifikasi dasar yang perlu dimiliki lulusan baru adalah menguasai dasar Excel.

Alasan utama bagi pemula dan non-IT untuk segera mempelajari Excel ialah karena hampir semua profesi menggunakan Excel sebagai tools dasar pengolahan data, bahkan untuk perhitungan sederhana.

Baca juga: 7 Rumus Excel yang Banyak Digunakan Dunia Kerja dan Contohnya

Selain proses pengolahan data, Excel juga sangat mendukung hasil data yang telah diolah dalam bentuk visual. Secara garis besar tools ini cukup melengkapi kebutuhan untuk menyajikan data yang insightful dan bercerita karena bisa divisualisasikan.

Yuk, mulai mengenal dan belajar Excel bagi pemula

Founder Xeratic, Feris Thia mengatakan dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan lebih di Excel, maka seseorang memiliki nilai lebih dalam hal beradaptasi dan mengomunikasikan berbagai hal di perusahaan sehingga pekerjaan menjadi lebih lancar.

“Excel adalah aplikasi yang paling banyak digunakan untuk urusan pengolahan data baik oleh staf Non-IT dan IT, termasuk manajemen. Penggunaannya yang luas dari administrasi kantor sehari-hari seperti pencatatan akuntansi, perhitungan gaji, dan lain-lain sampai dengan pengolahan data yang lebih rumit seperti simulasi anggaran membuat perannya selama 30 tahun sejak peluncurannya tidak pernah berkurang bahkan semakin penting di perusahaan," ujarnya dalam keterangan tertulis.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti bagi Lulusan SMA-SMK, D1-D3 dan S1, Yuk Daftar

Apalagi, lanjut dia, jika melihat perkembangan teknologi yang terbilang sangat pesat saat ini, rasanya hampir semua industri pasti membutuhkan proses penginputan data dan pelaporan kinerja. Itulah mengapa, kerap kali Excel ini menjadi skill yang paling minimal yang harus dikuasai dalam dunia kerja.

Selain membantu untuk proses pengolahan data, Excel juga ramah untuk pemula, karena formula dan functionnya terbilang cukup mudah untuk digunakan bahkan oleh pemula sekalipun.

Pasalnya, formula dan function yang digunakan untuk analisis data di Microsoft Excel tidak serumit coding yang ada dalam bahasa pemrograman seperti R, Python, dan lain sebagainya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.