Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/12/2021, 19:08 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Kamu mahasiswa yang tertarik mempersiapkan karier di bidang teknologi, Program Bangkit 2022 bisa menjadi langkah awal untuk menimba ilmu langsung dari praktisi industri, memperluas relasi hingga kesempatan meraih pendanaan.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi kembali membuka pendaftaran program pembinaan talenta digital terampil bagi mahasiswa Indonesia bertajuk “Bangun Kualitas Manusia Indonesia” (Bangkit) 2022.

"Ikuti program Bangkit 2022 dari Google yang didukung sepenuhnya oleh GoTo dan Traveloka. Bangkit terbuka untukmu, 3.000 mahasiswa terpilih se-Indonesia," tulis akun Instagram Ditjen Dikti, Kamis (2/12/2021).

Baca juga: Program Kampus Mengajar 3 Dibuka, Dapat Uang Saku hingga Bantuan UKT

Program Bangkit berkolaborasi dengan Google bersama Gojek-Tokopedia (GoTo), Traveloka, dan Deeptech Foundation memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk menjadi talenta digital terampil.

Program Bangkit ini akan berjalan selama 6 bulan yang menawarkan 3 program yaitu Machine Learning, Mobile Programming, dan Cloud Computing dan sudah disertai dengan sertifikasi global.

Selain ilmu, peserta Bangkit juga ditawarkan:

  • Keterampilan penting untuk karier yang sukses di perusahaan teknologi terkemuka
  • Peluang untuk menerapkan pembelajaran ke dunia nyata melalui proyek skala nasional
  • Kesempatan untuk belajar dari pakar dan praktisi industri saat ini
  • Persiapan dan voucher gratis untuk ujian sertifikasi AAD/ACE/Tensorflow
  • Kesempatan mendapatkan hingga 20 Kredit Studi Universitas (SKS)

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti bagi Lulusan SMA-SMK, D1-D3 dan S1, Yuk Daftar

Di akhir program, mahasiswa didorong melakukan proyek berupa membuat usaha rintisan. Sebanyak 15 proyek usaha rintisan yang berhasil akan didanai Google dan Dikti hingga senilai Rp 140 juta.

Selain itu, mahasiswa juga berkesempatan menjadi salah satu kandidat untuk mengikuti program Univerisity Internasional Fellowship (UIF) dari Stanford University.

Pendaftaran program Bangkit ditutup hingga 31 Desember 2021. Pendaftaran dilakukan melalui https://grow.google/intl/id_id/bangkit/ 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com