Kompas.com - 02/12/2021, 14:00 WIB
Mahasiswa ITB Raih Juara Ajang Kecerdasan Artifisial AIIS 2021 Dok. ITBMahasiswa ITB Raih Juara Ajang Kecerdasan Artifisial AIIS 2021

KOMPAS.com - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) telah menggelar Artificial Intelligence Innovation Summit (AIIS) 2021 pada November lalu.

AIIS merupakan konferensi tahunan yang digelar oleh BRIN dan Korika sebagai kontribusi untuk pengembangan dan pemanfaatan teknologi inteligensia buatan di Indonesia.

Di dalamnya, terdapat perlombaan Datathon AI yang bertujuan untuk mengumpulkan mahasiswa-mahasiswa yang memiliki bakat dalam bidang AI.

Mahasiswa prodi Teknik Informatika ITB, di antaranya Dimas Shidqi Parikesit, Rio Alexander Audino, dan Rizky Ramadhana berhasil menjadi Juara Pertama Datathon Kecerdasan Artifisial (AI) dalam AIIS 2021.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti bagi Lulusan SMA-SMK, D1-D3 dan S1, Yuk Daftar

Tertarik pada AI sejak ikut Ospek Jurusan

Melansir laman ITB, salah satu mahasiswa, Dimas bercerita bahwa ia dan teman-temannya tertarik bidang sains data dan AI setelah mendengar paparan dari Himpunan Mahasiswa Informatika (HMIF) ITB saat ospek jurusan.

Ia mengaku bahwa mereka senang untuk mengikuti dan menjuarai perlombaan ini di tengah padatnya perkuliahan dan kegiatan lainnya.

Rizky menambahkan, dari lomba ini ia merasa faktor teman dan komunikasi sangatlah penting dalam sebuah tim. Karena cocok dengan timnya, ia merasa tidak ada hambatan komunikasi saat proses pembuatan makalah.

Namun, ia mengatakan bahwa lomba bukan satu-satunya cara untuk mengeksplorasi kemampuan diri.

“Lomba itu sebenarnya tidak untuk semua orang. Kalau tidak tertarik, enggak apa-apa. Yang penting, jangan lupa untuk eksplorasi diri, tetapi, lagi-lagi, tidak harus dalam bentuk perlombaan," imbuh dia.

Baca juga: Program Kampus Mengajar 3 Dibuka, Dapat Uang Saku hingga Bantuan UKT

Sementara itu, Rio berpesan bahwa jika ada perlombaan, ikuti saja, karena dengan perlombaan kita “terpaksa” untuk belajar hal-hal baru yang tidak ada dalam perkuliahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.