Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Growth Center
Powered by Kompas Gramedia

Sebagai bagian dari KOMPAS GRAMEDIA, Growth Center adalah ekosistem solusi yang memfasilitasi pertumbuhan organisasi dan individu untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka. Growth Center hadir untuk menjadi teman bertumbuh dalam mempercepat pertumbuhan dan transformasi melalui solusi sumber daya manusia berbasis teknologi yang teruji secara saintifik berdampak.

Kami meningkatkan pertumbuhan para individu melalui proses siklus yang berkelanjutan dari menemukan jati diri (discovery) hingga menyediakan pengembangan (development) yang diperlukan. Semua ini hadir dalam produk kami, Kognisi Discovery dan Kognisi Development untuk memfasilitasi individu untuk mengenal dirinya sendiri dan berkembang sesuai dengan keunikan (idiosyncrasy) mereka.

Silakan kunjungi situs kami www.growthcenter.id dan info kolaborasi lebih lanjut bisa kirim surel ke info@growthcenter.id.

 

Ikuti Langkah-langkah Ini untuk Mendapat Tidur Berkualitas!

Kompas.com - 02/12/2021, 13:56 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Apakah kamu mengalami masalah susah tidur (insomnia)? Hati-hati! Tidur yang kurang berkualitas akan meningkatkan resiko terkena kanker dan dapat memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini, lho!

Duh, lantas, bagaimana cara menghilangkan insomnia dan mendapatkan tidur yang berkualitas? Tenang saja, pada artikel ini, dr. Handrawan Nadesul akan menerangkan jawabannya.

Tidur Yang Berkualitas

Tidur yang berkualitas adalah tidur yang melalui proses tidur yang normal dan sehat. Proses tersebut harus melalui delapan kali fase REM (rapid eye movements), yang terjadi sebanyak 5-6 kali sepanjang delapan jam tidur. Adapun orang yang tidak melalui fase REM selama 5-6 kali pada tidurnya, biasanya tidurnya kurang berkualitas.

Ciri-ciri terdapat gangguan tidur yang terjadi pada fase REM adalah, meskipun kita telah tidur selama lebih dari delapan jam, tetapi kita tidak merasa segar ketika bangun tidur. Hal itu membuktikan bahwa tidur kita tidak menempuh fase REM yang cukup.

Tanda-tanda bahwa proses REM kita cukup umumnya ditandai dengan bermimpi di kala tidur. Sebaliknya, orang yang tidak bermimpi saat tidur, biasanya mengindikasikan tidurnya kurang berkualitas.

Selain itu, tidur siang juga disarankan karena memiliki pengaruh besar dalam meningkatkan produktivitas dan akan mengurangi angka melakukan kesalahan saat bekerja, walaupun hanya tidur selama 10-15 menit, misalnya setelah makan siang.

Untuk membangun proses tidur yang sehat, kita dapat melakukan hal-hal di bawah ini:

Baca juga: Mahasiswa UNS Olah Akar Valerian Jadi Lilin Aroma Terapi Atasi Gangguan Tidur

1. Menciptakan jadwal tidur pribadi

Kita sendirilah yang bertanggung jawab untuk menentukan jam tidur kita. Selain itu, disarankan untuk memberikan jeda selama 30-60 menit untuk bersantai sebelum kita memasuki waktu tidur.

2. Hanya masuk kamar saat sudah mengantuk

Tidak membawa pekerjaan ke dalam kamar, maupun mengerjakan pekerjaan di dalam kamar.

3. Mematikan lampu

Hal ini dikarenakan hormon melatonin yang kerap dikenal sebagai hormon akan meningkat dalam darah pada suasana yang gelap. Ia tidak akan muncul jika kita tidur dengan lampu menyala. Selain itu, melatonin juga berperan untuk membantu kita untuk rileks.

4. Membuat badan cukup letih setelah beraktivitas seharian

Dengan rutin melakukan aktivitas fisik, tubuh kita pun akan mudah lelah, sehingga akan lebih cepat untuk memasuki proses istirahat, yakni tidur. Sebaliknya, orang yang dirawat di rumah sakit biasanya mengalami susah tidur karena kurang bergerak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com