Growth Center
Powered by Kompas Gramedia

Sebagai bagian dari KOMPAS GRAMEDIA, Growth Center adalah ekosistem solusi yang memfasilitasi pertumbuhan organisasi dan individu untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka. Growth Center hadir untuk menjadi teman bertumbuh dalam mempercepat pertumbuhan dan transformasi melalui solusi sumber daya manusia berbasis teknologi yang teruji secara saintifik berdampak.

Kami meningkatkan pertumbuhan para individu melalui proses siklus yang berkelanjutan dari menemukan jati diri (discovery) hingga menyediakan pengembangan (development) yang diperlukan. Semua ini hadir dalam produk kami, Kognisi Discovery dan Kognisi Development untuk memfasilitasi individu untuk mengenal dirinya sendiri dan berkembang sesuai dengan keunikan (idiosyncrasy) mereka.

Silakan kunjungi situs kami www.growthcenter.id dan info kolaborasi lebih lanjut bisa kirim surel ke info@growthcenter.id.

 

Ikuti Langkah-langkah Ini untuk Mendapat Tidur Berkualitas!

Kompas.com - 02/12/2021, 13:56 WIB
Ikuti Langkah-langkah Ini untuk Mendapat Tidur Berkualitas! Nabila Nurkhalishah HarrisIkuti Langkah-langkah Ini untuk Mendapat Tidur Berkualitas!

Apakah kamu mengalami masalah susah tidur (insomnia)? Hati-hati! Tidur yang kurang berkualitas akan meningkatkan resiko terkena kanker dan dapat memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini, lho!

Duh, lantas, bagaimana cara menghilangkan insomnia dan mendapatkan tidur yang berkualitas? Tenang saja, pada artikel ini, dr. Handrawan Nadesul akan menerangkan jawabannya.

Tidur Yang Berkualitas

Tidur yang berkualitas adalah tidur yang melalui proses tidur yang normal dan sehat. Proses tersebut harus melalui delapan kali fase REM (rapid eye movements), yang terjadi sebanyak 5-6 kali sepanjang delapan jam tidur. Adapun orang yang tidak melalui fase REM selama 5-6 kali pada tidurnya, biasanya tidurnya kurang berkualitas.

Ciri-ciri terdapat gangguan tidur yang terjadi pada fase REM adalah, meskipun kita telah tidur selama lebih dari delapan jam, tetapi kita tidak merasa segar ketika bangun tidur. Hal itu membuktikan bahwa tidur kita tidak menempuh fase REM yang cukup.

Tanda-tanda bahwa proses REM kita cukup umumnya ditandai dengan bermimpi di kala tidur. Sebaliknya, orang yang tidak bermimpi saat tidur, biasanya mengindikasikan tidurnya kurang berkualitas.

Selain itu, tidur siang juga disarankan karena memiliki pengaruh besar dalam meningkatkan produktivitas dan akan mengurangi angka melakukan kesalahan saat bekerja, walaupun hanya tidur selama 10-15 menit, misalnya setelah makan siang.

Untuk membangun proses tidur yang sehat, kita dapat melakukan hal-hal di bawah ini:

Baca juga: Mahasiswa UNS Olah Akar Valerian Jadi Lilin Aroma Terapi Atasi Gangguan Tidur

1. Menciptakan jadwal tidur pribadi

Kita sendirilah yang bertanggung jawab untuk menentukan jam tidur kita. Selain itu, disarankan untuk memberikan jeda selama 30-60 menit untuk bersantai sebelum kita memasuki waktu tidur.

2. Hanya masuk kamar saat sudah mengantuk

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.