Hasanuddin Wahid
Sekjen PKB

Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Anggota Komisi X DPR-RI.

Jalan Menuju Merdeka Belajar Masih Terjal

Kompas.com - 02/12/2021, 13:46 WIB
Ilustrasi Program Merdeka Belajar Mendikbud Nadiem Makarim DOK. KEMENDIKBUDIlustrasi Program Merdeka Belajar Mendikbud Nadiem Makarim

Program ‘Merdeka Belajar’ yang dicanangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknolog (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim sudah berjalan hampir dua tahun.

Sejumlah kemajuan dan perubahan memang berhasil diraih. Namun, harus pula diakui bahwa kemajuan itu belum cukup optimal.

Menurut Menteri Nadiem. ‘Merdeka Belajar’ dimaksudkan untuk memberi kebebasan dan otonomi kepada Lembaga pendidikan supaya mereka merdeka dari birokratisasi.

Guru dan dosen dibebaskan dari administrasi yang ruwet. Siswa dan mahasiswa mendapat kebebasan untuk memilih bidang yang mereka sukai.

Secara konseptual, apa yang disampaikan oleh Menteri Nadiem sangat beralasan. Sebab, memang begitulah yang dibutuhkan Indonesia di masa depan.

Dunia tidak membutuhkan anak-anak yang pandai menghafal, melainkan anak-anak yang berpikir kreatif dan inovatif.

Untuk memuluskan gerakan Merdeka Belajar, Menteri Nadiem sudah mencanangkan empat kebijakan pendidikannya yang kontroversial.

Salah satunya adalah penghentian ujian nasional pada tahun 2021. Ujian nasional akan diganti dengan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter (penguatan literasi, numerasi, dan pendidikan karakter).

Ujian tersebut diperuntukkan bagi siswa kelas menengah (kelas empat SD, kelas delapan SMP, dan kelas sebelas SMA).

Namun, nilai tes ini tidak dapat digunakan untuk tes masuk sekolah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.