Growth Center
Powered by Kompas Gramedia

Sebagai bagian dari KOMPAS GRAMEDIA, Growth Center adalah ekosistem solusi yang memfasilitasi pertumbuhan organisasi dan individu untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka. Growth Center hadir untuk menjadi teman bertumbuh dalam mempercepat pertumbuhan dan transformasi melalui solusi sumber daya manusia berbasis teknologi yang teruji secara saintifik berdampak.

Kami meningkatkan pertumbuhan para individu melalui proses siklus yang berkelanjutan dari menemukan jati diri (discovery) hingga menyediakan pengembangan (development) yang diperlukan. Semua ini hadir dalam produk kami, Kognisi Discovery dan Kognisi Development untuk memfasilitasi individu untuk mengenal dirinya sendiri dan berkembang sesuai dengan keunikan (idiosyncrasy) mereka.

Silakan kunjungi situs kami www.growthcenter.id dan info kolaborasi lebih lanjut bisa kirim surel ke info@growthcenter.id.

 

Tips Tahan Banting dan Produktif Mengejar Karier

Kompas.com - 02/12/2021, 09:09 WIB
Tips Tahan Banting dan Produktif Mengejar Karier Dicky SuryaTips Tahan Banting dan Produktif Mengejar Karier

Dalam bekerja, tentunya kamu sering menemukan hambatan sehingga menyulitkan kamu produktif mengejar karier. Kamu dapat mengatasi hambatan itu dengan mengendalikan emosi dan mengembangkan kelincahan emosional yang kamu miliki.

Dengan mental yang "lincah", maka kamu menjadi orang yang sigap, berani, dan penuh kesadaran. Emotional agility atau kelincahan emosional ini tentunya membantumu dalam mengejar karier, lho!

Menurut Susan David, seorang psikolog dari Harvard University, kelincahan emosional adalah kemampuan emosi seseorang yang terbuka dan fleksibel dengan pemikiran dan perasaan, berperilaku sadar dan efektif.

Kondisi ini terjadi karena individu memiliki kewaspadaan dan kepiawaian dalam mengendalikan emosinya.

Bagaimana cara dan tips agar memiliki kelincahan emosional?

Show off

Kamu perlu show off atau menghadapi masalah yang menimpa. Kita perlu mengenali pola-pola emosi yang muncul dalam diri.

Misalnya ketika proyek yang dikerjakan gagal, lalu kenali reaksi apa yang kamu timbulkan, mungkinkah panik, sedih, atau marah.

Dengan kita mengenali hal ini, kita bisa mengantisipasi diri kita agar tidak sampai lepas kendali. Akibatnya kita menjadi lebih produktif dalam bekerja.

Coba kamu perhatikan baik-baik pola yang ditimbulkan ketika marah. Bahkan kemarahan itu pun memiliki penyebab yang beragam. Marah karena tersinggung, marah karena kecewa, dan lain sebagainya.

Baca juga: Fresh Graduate, Perhatikan Jejak Digital karena Bisa Pengaruhi Karier

Ketika kita cukup sadar mengenali penyebab amarah yang kita rasakan,selanjutnya kita perlu mencari cara yang biasa kita lakukan dalam menangani amarah ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.