Kompas.com - 02/12/2021, 08:54 WIB
Ilustrasi dokter melakukan imunisasi kepada bayi ShutterstockIlustrasi dokter melakukan imunisasi kepada bayi
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Menjalani profesi sebagai dokter artinya mengemban kewajiban sebagai pengabdi masyarakat.

Tentunya profesi ini tidak dapat dipandang sebelah mata, butuh keilmuan serta kegigihan yang kuat untuk menjalani profesi dokter.

Baca juga: Pakar Unair: Ini Penyebab Gagal Jantung

Tak cukup ilmu dan ketekunan, menurut Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Unair Prof. Budi Santoso, melaksanakan peran sebagai dokter juga harus menomorsatukan etika.

"Etika dan moral jadi nomor satu yang harus dipegang, baik saat menempuh pendidikan dokter, lulus, menjadi dokter, bahkan sampai ajal," ucap dia melansir laman Unair, Kamis (2/12/2021).

Untuk itu, FK Unair sebagai salah satu kampus kedokteran terbaik di Indonesia, berkomitmen untuk meluluskan wisudawan yang tidak hanya unggul dalam bidang keterampilan dan keilmuan, tapi juga dalam moral.

Hal ini terwujud dalam keikutsertaan FK Unair dalam Program Dasar Bersama (PDB), yakni mewajibkan mahasiswa semester satu untuk mengikuti mata kuliah Etika dan Humaniora.

Tentu, sebut dia, tagline Unair tidak hanya menjadi slogan, tapi juga harus tergambarkan dalam satu proses pembelajaran, dan harus masuk dalam kurikulum.

Baca juga: Pakar Unair Beri Tips Tetap Sehat Saat Musim Hujan

"Salah satunya FK Unair dan fakultas rumpun saintek lainnya yang mengikuti program Dasar Bersama," ucap dia.

Fakultas kedokteran yang telah berdiri sejak 1954 tersebut juga memiliki tiga unit kerja, yaitu unit komite etika penelitian, unit dewan etik dan unit etika dan humaniora kesehatan.

"Jadi dalam meneliti tidak sembarang mengambil darah, jaringan atau bahkan wawancara, harus dikaji, sehingga yang bersangkutan benar-benar dinyatakan layak dalam ethical clearance," ungkap dia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.