Kompas.com - 02/12/2021, 08:10 WIB
Ilustrasi sekolah tatap muka. KOMPAS.COM/GARRY LOTULUNGIlustrasi sekolah tatap muka.

KOMPAS.com - Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali hingga 13 Desember 2021.

Hal ini, ditegaskan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dengan menandatangani Instruksi Menteri Dalam Negeri sebagai aturan Inmendagri Nomor 63 Tahun 2021 yang baru dikeluarkan pada 29 November 2021.

Dalam instruksi ditujukan untuk Gubernur, Wali Kota dan Bupati di wilayah Jawa Bali untuk melaksanakan aturan-aturan yang berlaku.

Termasuk aturan-aturan tentang Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas bagi anak sekolah baik jenjang PAUD hingga jenjang SMA. 

Baca juga: Beasiswa 2021 untuk Siswa SD-SMP-SMA, Beri Bantuan Biaya Sekolah

Aturan PTM terbatas pada PPKM level 1-3

Berdasarkan Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri Nomor 03/KB/202l, Nomor 384 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/4242/2021, Nomor 440-717 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), aturan PTM terbatas yang terbaru di antaranya:

1. Kegiatan belajar dapat dilakukan jarak jauh maupun tatap muka dengan maksimal kapasitas 50 persen.

2. Untuk SD LB, MI LB, SMP LB, SMA LB dan MA LB PTM dapat dilakukan maksimal 62 persen hingga 100 persen dengan menjaga jarak minimal 1,5 meter dan maksimal 5 peserta didik per kelas.

3. Sementara untuk PAUD, kapasitas PTM maksimal 33 persen dan menjaga jarak minimal 1,5 meter, maksimal peserta didik 5 orang per kelas.

Berdasarkan aturan PPKM terbaru, maka PTM terbatas dapat dilakukan pada satuan pendidikan di wilayah PPKM level 1-3.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Gelar Pencarian Bakat Pesepak Bola untuk Siswa SMP

Imbauan dalam Beraktivitas

Selain aturan PTM Terbatas, dalam Inmendagri bagian keempat belas juga terdapat imbauan untuk melaksanakan pengetatan aktivitas dan edukasi dengan prinsip sebagai berikut:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.