Kompas.com - 01/12/2021, 10:58 WIB
Nobel Kimia 2021 untuk Benjamin List dan David MacMillan Niklas Elmehed/Nobel Prize Outreach via DW IndonesiaNobel Kimia 2021 untuk Benjamin List dan David MacMillan

KOMPAS.com - Benjamin List dan David MacMillan merupakan dua ilmuwan terbaik dunia peraih Nobel Kimia 2021.

Keduanya berjasa besar dalam pengembangan katalisis baru yang disebut asymmetric organocatalysis atau katalis organik asimetrik.

Dosen Departemen Kimia Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran, Yudha Prawira menjelaskan terkait dengan temuan tersebut.

Yudha memaparkan, katalis organik berperan besar untuk pengembangan sintesis obat-obatan terbaru, industri ramah lingkungan dan berkelanjutan, hingga pengembangan kimia hijau.

Bahkan, penemuan Benjamin dan David tersebut menyadarkan peneliti kimia bahwa ada sesuatu yang sederhana, mudah, dan aman yang luput dari pandangan.

Baca juga: 4 Ilmuwan Indonesia Raih Penghargaan Habibie Prize 2021, Ini Kiprahnya

“Orang-orang sebelumnya tidak bisa memprediksi bagaimana bisa molekul organik menjadi suatu katalis,” ungkapnya pada diskusi “Becermin pada Molekul: Nobel Kimia 2021” yang digelar Dewan Profesor Unpad secara virtual, seperti dilansir dari laman Unpad.

Ia mengatakan, katalis sendiri menyumbang peran besar dalam proses kimia sintetik. Penggunaan katalis telah menyumbang 35 persen Produk Domestik Bruto (PDB) dunia.

Dengan katalis, reaksi kimia akan berlangsung lebih cepat, mudah, dan banyak. Hampir 90 persen produk kimia komersial dihasilkan dari proses katalis.

Lebih lanjut Yudha menjelaskan, katalis organik dikembangkan untuk menggantikan dua katalis besar yang selama ini digunakan, yaitu katalis organometalik dan katalis enzim.

Pasalnya, meski katalis organometalik menghasilkan aktivitas katalisis yang tinggi serta punya beragam pilihan substrat, katalis ini menghasilkan polusi metal yang cukup besar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.