Kompas.com - 01/12/2021, 10:16 WIB
Mengonsumsi terlalu banyak garam juga dapat menyebabkan retensi cairan, yang dapat meningkatkan tekanan darah. Padahal, tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama serangan jantung, stroke dan gagal jantung. SHUTTERSTOCKMengonsumsi terlalu banyak garam juga dapat menyebabkan retensi cairan, yang dapat meningkatkan tekanan darah. Padahal, tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama serangan jantung, stroke dan gagal jantung.

KOMPAS.com - Dunia fashion baru saja gempar dengan kabar meninggalnya Virgil Abloh, pendiri label Off-White sekaligus Direktur Artistik untuk koleksi pria Louis Vuitton (LV).

Kabar meninggalnya desainer berusia 41 tahun tersebut diumumkan oleh pihak keluarga mendiang melalui akun Instagram pribadi @virgilabloh, Minggu (28/11/2021) waktu setempat.

Pihak keluarga Virgil Abloh mengatakan, pendiri label Off-White tersebut meninggal karena kanker yang langka dan agresif, angiosarkoma atau sarkoma jantung.

Virgil Abloh diketahui telah menderita kanker jenis ini sejak tahun 2019 dan serangkaian pengobatan telah dilalui selama masa hidupnya.

Baca juga: “Overwork” Bisa Picu Gagal Jantung, Ini Penjelasan Pakar Unair

“Kami sangat sedih untuk mengumumkan meninggalnya Virgil Abloh yang kami cintai, seorang ayah, suami, putra, saudara lelaki, dan teman yang sangat berbakti. Dia meninggalkan istri tercinta Shannon Abloh, anak-anaknya Lowe Abloh dan Gray Abloh, saudara perempuannya Edwina Abloh, orang tuanya Nee dan Eunice Abloh, dan banyak teman dan kolega tersayang,” tulis pihak keluarga Virgil Abloh di Instagram.

Kepergian Virgil Abloh tentu tidak diharapkan siapa pun, termasuk para sneakerhead yang begitu mengagumi karyanya. Terlebih, ia meninggal di usia yang relatif masih muda karena sarkoma jantung.

Seperti apa sarkoma jantung? dokter spesialis jantung Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Habibie Arifianto, mengatakan kanker jantung yang diderita Virgil Abloh adalah kanker jenis langka yang ganas dan berpotensi menyerang siapa pun.

Habibie menerangkan, sarkoma adalah tumor ganas dari jaringan ikat atau otot, yang salah satu jenisnya adalah angiosarkoma. Ia mengatakan, angiosarkoma adalah tumor ganas yang berasal dari jaringan pembuluh darah.

Baca juga: Peneliti Unair Hadirkan Produk Herbal Obati Gula Darah dan Kolesterol

“Kalau cardiac angiosarcoma/ cardiac sarcoma adalah tumor ganas yang posisinya di jantung dan diakibatkan karena keganasan di jantung yang bisa sebagai tumor primer. Tumor ini asalnya dari otot jantung, tapi sangat jarang atau pembuluh darah di sekitar jantung yang menginvasi jaringan jantung,” terang Habibie dilansir dari laman UNS.

Ia menyampaikan, ada sejumlah gejala yang mengindikasikan bahwa seseorang terkena sarkoma jantung. Salah satunya adalah gagal jantung.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.