Kompas.com - 30/11/2021, 19:00 WIB
Ilustrasi obat sakit kepala freepikIlustrasi obat sakit kepala

KOMPAS.com - Obat berjenis antibiotik sedikit berbeda dengan obat-obatan lainnya. Apoteker sekaligus Kepala Instalasi Farmasi dan Sterilisasi RSA Universitas Gadjah Mada (UGM), Anggraini Citra Ryshang Bathari mengatakan antibiotik memiliki tujuan khusus dan cara konsumsi yang sangat mengedepankan dimensi kepatuhan. 

Citra menjelaskan, antibiotik adalah suatu obat yang bertujuan untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit.

Baca juga: Dokter RSA UGM: Pasien Terapi Jantung Harus Patuh 3 Hal Ini

Dalam tujuannya menghambat pertumbuhan bakteri, maka jumlah antibiotik yang berada dalam aliran darah selama masa penyembuhan atau terapi harus dipastikan konsisten.

Oleh karena itu, Citra menyebut dua hal yang harus dipatuhi pasien. Pertama, dosis antibiotik yang dikonsumsi harus tepat. Serta kedua, mengonsumsi antibiotik juga harus dilakukan pada waktu dan sebanyak yang telah ditentukan oleh dokter.

“Kita harus menggunakan antibiotik itu (dalam) waktu yang harus tepat (sesuai ketentuan dokter) untuk menjamin efektivitasnya. Karena kalau misalkan terlalu sebentar mengonsumsi antibiotik atau terlalu lama, hal itu bisa memberikan dampak yang tidak baik bagi tubuh,” tutur Citra dilansir dari laman UGM.

Lantas bagaimana pada suatu waktu kita lalai atau lupa menjaga kepatuhan mengonsumsi antibiotik tersebut?

Citra mengatakan hal itu bisa ditolerir jika antibiotik tersebut terlambat dikonsumsi dalam 1-2 jam setelah waktu yang sudah ditentukan. Pasien boleh meminum antibiotik saat itu juga. 

Baca juga: Pakar UGM: La Nina Datang Lagi, Masyarakat Perlu Waspada Dua Hal Ini

Namun, jika keterlambatan mengonsumsinya sudah sampai mendekati waktu konsumsi dosis kedua, maka menggandakan meminum antibiotik itu pada waktu konsumsi kedua dalam satu hari yang sama tidak boleh dilakukan.

Pada keesokan harinya, usahakan tidak terlewatkan lagi untuk mengonsumsi sesuai dosis dan waktu yang telah ditentukan.

Selain itu, Citra menuturkan bahwa patuh dalam mengonsumsi antibiotik ini beberapa tujuan lain. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.