Kompas.com - 29/11/2021, 16:07 WIB
Putri Reza Damayanti putri seorang koki di warung penyetan berhasil jadi wisudawan terbaik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Tangkap layar laman UNYPutri Reza Damayanti putri seorang koki di warung penyetan berhasil jadi wisudawan terbaik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Bisa melanjutkan pendidikan setinggi mungkin menjadi harapan dan cita-cita semua siswa. Namun bagi sebagian siswa, melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi menjadi sesuatu yang sulit diwujudkan karena keterbatasan ekonomi.

Hal ini pula yang dulu dirasakan Putri Reza Damayanti. Setelah lulus SMA pada tahun 2017, dia harus mengambil jeda selama setahun hingga akhirnya bisa mewujudkan mimpinya untuk kuliah. 

Berkat bantuan pemilik warung makan penyetan tempat ibunya bekerja, Putri Reza Damayanti akhirnya bisa kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada tahun 2018.

Baca juga: Akademisi Unpad: Cegah Kekerasan Seksual Jadi Tanggung Jawab Bersama

Dari keluarga kurang mampu, Putri jadi wisudawan terbaik

Dia akhirnya berhasil diterima di program studi Diploma 3 Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi UNY melalui jalur seleksi mandiri.

Di tengah keterbatasan ekonomi keluarganya, Putri membuktikan dengan berhasil lulus dengan predikat Cumalude.

Putri berhasil menjadi lulusan terbaik wisuda UNY periode November 2021 jenjang D3 dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,83.

Selama kuliah, Putri Reza Damayanti bekerja paruh waktu pada warung makan tempat ibunya bekerja. Ibu dari Putri, Sartini bekerja sebagai tukang masak di warung makan penyetan tersebut.

Sebagai balas budi pada pemilik warung yang sudah membantunya dalam membayar biaya kuliah dan biaya hidupnya, Putri juga bekerja paruh waktu di warung makan tersebut.

Baca juga: Mahasiswa UII Manfaatkan Kulit Manggis Jadi Alat Pendeteksi Logam

Berhasil mendapat beasiswa Bidikmisi

Beruntung pada tahun ketiga kuliah, Putri mendapatkan beasiswa Bidikmisi sehingga masalah finansial bisa sedikit teratasi. 

"Sejak usia pra-sekolah dasar, saya diasuh tante karena orangtua saya merupakan keluarga yang kesulitan dalam hal finansial," ungkap Reza seperti dikutip dari laman UNY, Senin (29/11/2021).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.