Kompas.com - 29/11/2021, 14:44 WIB
Universitas Sumatera Utara (USU) Situs USUUniversitas Sumatera Utara (USU)
|

KOMPAS.com - Meski pandemi Covid-19 belum berakhir, tetapi semua aktivitas harus tetap berjalan dengan baik. Tak terkecuali di dunia pendidikan tinggi atau perkuliahan.

Seperti halnya Universitas Sumatera Utara (USU) bakal bersiap diri untuk menggelar kuliah tatap muka. Hal itu disampaikan Wakil Rektor I USU Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.H., pada apel pagi rutin, di Biro Pusat Administrasi, Senin (29/11/2021).

Menurutnya, saat ini USU telah melakukan berbagai persiapan untuk perkuliahan tatap muka yang direncanakan bakal dilaksanakan pada pertengahan Januari 2022.

Baca juga: Tindak Lanjut Permen PPKS, Rektor USU Siap Bentuk Tim Satgas

"Penyelenggaraan kuliah tatap muka perlu persiapan dengan rapi, cermat dan sedetail mungkin untuk menghindari terjadinya situasi yang tidak kita inginkan," ujar Edy Ikhsan seperti dikutip dari laman USU.

Dikatakan, hal-hal untuk menghindari itu baik yang akan berpengaruh bagi terbentuknya kluster pandemi baru, maupun yang berpengaruh pada sistem perkuliahan.

Untuk mempersiapkan perkuliahan tatap muka, USU juga menyiapkan layanan administrasi dan pertemuan ruang kelas yang telah terintegrasi dengan layanan elektonik dengan kecepatan dan ketepatan yang ideal.

"Disiapkan layanan administrasi yang terintegrasi dengan elektronik, sehingga dapat meminimalisir kerumunan dan antrian," imbuhnya.

MBKM diterapkan intens tahun depan

Dia juga menambahkan bahwa program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) akan diterapkan secara intens pada semester yang akan datang.

Serta diharapkan mampu menciptakan proses pembelajaran yang inovatif sekaligus dapat mendukung passion dan talenta bagi para mahasiswa.

"Terdapat beberapa program akselerasi yang telah disiapkan oleh bidang kemahasiswaan dan kealumnian. Diantaranya adalah buku panduan yang menjadi pedoman bagi setiap satuan kerja. Salah satunya merupakan buku panduan penyusunan kurikulum MBKM," jelasnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.