Kompas.com - 27/11/2021, 10:41 WIB
Ilustrasi TBC, tuberkulosis SHUTTERSTOCK/VISUAL GENERATIONIlustrasi TBC, tuberkulosis
|

KOMPAS.com - Pada 2020, jumlah kasus Tuberkulosis (TBC) di Indonesia menempati peringkat ketiga di dunia. Data ini diambil dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Untuk itu, semua orang harus mulai peduli dengan kesehatannya. Terlebih di masa pandemi Covid-19 ini. Hanya saja, ada beberapa kriteria orang yang rentan terkena TBC.

Baca juga: Pakar UGM: Angka TBC Turun Selama Pandemi Covid-19

Menurut dokter spesialis paru RSA UGM, dr. Ahmad Fikri Syadzali, Sp.P., ada beberapa kondisi orang yang rentan terkena TBC, yakni:

1. Orang yang berusia tua

Semakin tua usia seseorang maka risiko terkena TBC juga semakin besar.

2. Orang dengan tingkat pendidikan rendah

Dokter Fikri mengatakan bahwa orang dengan tingkat pendidikan rendah juga memiliki risiko tinggi terkena infeksi TBC.

"Itu berdasarkan hasil penelitan," ujar dr. Ahmad dalam talkshow 'Painah & Paini: Kasus Tuberkulosis di Indonesia, No 3 di Dunia' yang disiarkan melalui kanal Youtube Rumah Sakit Akademik UGM pada Selasa, (23/11/2021).

Dijelaskan, menurut hasil penelitian orang-orang yang memiliki tingkat pendidikan rendah cenderung tidak aware serta tidak ingin mengetahui informasi terkait penyakit TBC tersebut.

"Mereka cenderung tidak penasaran kepada informasi seperti bagaimana cara penyakit tersebut bisa menular, macam-macam gejalanya, dan lain sebagainya," terangnya seperti dikutip dari laman UGM, Sabtu (27/11/2021).

Baca juga: Dokter RSA UGM: Pasien Terapi Jantung Harus Patuh 3 Hal Ini

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.