Kompas.com - 26/11/2021, 15:07 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani DOK. Humas DPR RIKetua DPR RI Puan Maharani
|

KOMPAS.com - Setiap 25 November, bangsa Indonesia memperingati sebagai Hari Guru Nasional. Adapun tema HGN 2021 ialah "Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan".

Pada HGN 2021 ini, Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani mengapresiasi jasa para guru dalam mendidik putra dan putri bangsa dalam peringatan Hari Guru Nasional yang jatuh setiap tanggal 25 November.

Puan juga mengucapkan selamat ulang tahun untuk Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Baca juga: Nadiem: Merdeka Belajar Demi Masa Depan Guru Indonesia

"Selamat Hari Guru Nasional tahun 2021 dan selamat hari ulang tahun ke-76 PGRI. Bangkit guruku, maju negeriku," ujar Puan seperti dikutip dari laman DPR RI.

Berharap guru honorer lebih diperhatikan

Dijelaskan, Puan bersyukur kini kesejahteraan guru berangsur membaik. Meski begitu, Puan mengingatkan masih banyak guru yang belum mendapatkan kesejahteraan layak, khususnya para guru honorer.

"Guru adalah ujung tombak pendidikan bangsa. Dedikasi mereka adalah perjuangan tanpa batas yang tak kenal kata menyerah. Maka sudah menjadi kewajiban negara untuk memberikan penghargaan setinggi-tingginya bagi para guru," ungkapnya.

Karenanya, ia berharap agar nasib guru honorer lebih diperhatikan lagi, khususnya bagi para guru yang telah lama mengabdi.

Dia mengapresiasi pemerintah yang sudah memberikan afirmasi terhadap guru honoror yang mengikuti seleksi aparatur sipil negara (ASN) di Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru.

Tetapi diharapkan afirmasi tersebut semakin ditambah, agar proses pengangkatan para guru honorer yang sudah lama mengabdi, bisa dipercepat.

Baca juga: Ikut Magang DPR RI, 200 Mahasiswa Tambah Ilmu Legislasi

"Kami mendorong agar pemerintah semakin mempermudah seleksi untuk guru honorer yang telah lama mendedikasian dirinya untuk mendidik anak-anak kita," tutur Puan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.