Kompas.com - 26/11/2021, 15:00 WIB
Sarapan hanya dengan menu buah-buahan bisa membuat Anda kekurangan energi sepanjang hari. SHUTTERSTOCKSarapan hanya dengan menu buah-buahan bisa membuat Anda kekurangan energi sepanjang hari.

KOMPAS.com - Siapapun bisa mengalami burnout, yaitu kelelahan maupun kejenuhan mental. Umumnya burnout dikenal dengan stres akibat banyaknya hal yang harus dikerjakan.

Tak cuma menyerang pekerja, burnout juga bisa dialami mahasiswa. Dikutip dari Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi @ditjen.dikti mahasiswa juga mengalami burnout, kondisi ini semakin banyak ditemukan selama perkuliahan daring.

Kuliah secara online atau daring membuat banyak mahasiswa mengalami burnout atau kelelahan maupun kejenuhan ekstrim. Hal karena selama perkuliahan daring membuat semakin banyak tugas yang mesti dituntaskan.

Baca juga: Psikolog Unair: Coba Praktekkan Mindfulness untuk Usir Stres

Pada akhirnya, tubuh dan otak yang secara terus menerus dipaksa untuk belajar maupun bekerja dalam waktu yang cukup panjang tanpa adanya jeda istirahat bakal terasa lelah.

Tetapi bukan sekedar lelah fisik saja namun juga mengancam kesehatan mental. Burnout karena belajar ini disebut juga learning burnout.

Ciri-ciri burnout

Ciri-ciri burnout bisa dilihat dari fisik dan kondisi mental. Berikut cirinya:

1. Tubuh merasa lelah berkepanjangan, sakit kepala, dan susah tidur. 

2. Lelah mental, mudah frustasi maupun cemas hingga depresi. 

3. Demotivasi dalam memulai segala aktivitas. 

4. Kehilangan kemampuan akademik dan kepercayaan diri dalam melakukan sebuah aktivitas. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.