Kompas.com - 26/11/2021, 10:03 WIB

KOMPAS.com - Dalam acara puncak Milad ke-64, Rektor Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (Uhamka) Prof. Gunawan Suryoputro membeberkan berbagai capaian Uhamka sepanjang 2021, sekaligus menyampaikan targetnya ke depan.

Hal ini disampaikan Prof. Gunawan dalam peringatan Milad ke-64 Uhamka bertajuk "Uhamka Menebar Peduli dalam Keterbatasan Pandemi" yang digelar secara daring dan luring pada Kamis 25 November.

Salah satu capaian keberhasilan, ungkap Prof. Gunawan, kehadiran sembilan fakultas dan sekolah pascasarjana yang mencakup 44 program studi (prodi), termasuk satu prodi Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia yang barus saja diterima pada Senin (22/11/2021).

"Tahun 2021 ini juga, kita berhasil mempertahankan akreditasi institusi A dan saat ini kita dalam proses persiapan untuk menuju akreditasi Unggul dan Internasional," kata Gunawan.

"Tahun 2021 ini juga kita mengalami peningkatan pada Webometrics. Setelah pada tahun 2020 kita masuk pada urutan 227, pada tahun 2021 kita berhasil meningkatkan rangking webometrics menjadi peringkat 69," ujar Prof. Gunawan.

"Dan peringkat webometrics pada tingkatan PTM/A kita masuk pada 5 besar dari 165 PTM/A," ungkap Rektor Uhamka bangga.

Dari beasiswa hingga kualitas dosen

Selain itu, Uhamka menyiapkan beasiswa lain di samping beasiswa Kader Langsung Kerja yang diluncurkan pada 2020 silam, antara lain beasiswa eksternal meliputi bidikmisi/KIP, Muamalat, dan BSI, serta beasiswa Hamka Muda, beasiswa kader berprestasi, beasiswa prestasi, dan Hamka Scholarship.

"Uhamka juga mendesain program summer course yang diikuti oleh Philipina, Malaysia, Vietnam, Saudi Arabia, Mesir, dan USA," jelas Prof. Gunawan.

Baca juga: Beri Sambutan di Dies Natalis Ke-60 UK Petra Surabaya, Presiden Jokowi: Mari Majukan Pendidikan Kawasan Indonesia Timur

"Program Beasiswa dan summer course yang diberikan tentu adalah bentuk kepedulian Uhamka kepada negara, bangsa dan dunia untuk berkontribusi besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa," tambahnya.

Dalam rangka meningkatkan mutu penelitian dan publikasi, lanjut Gunawan, Uhamka memberikan prioritas kepada para dosen. Saat ini, jumlah riset dosen Uhamka sebanyak 612 penelitian, dan ditopang langsung oleh Unit Penerbitan dan Publikasi Ilmiah.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.