Kompas.com - 24/11/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi kuliah di luar negeri. ShutterstockIlustrasi kuliah di luar negeri.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Setelah menyelesaikan kuliah, mahasiswa mempunyai beberapa pilihan untuk masa depannya. Mereka bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, langsung bekerja atau berwirausaha.

Untuk membekali calon wisudawan agar mampu bersaing di dunia kerja dan menyiapkan mahasiswa dalam membangun karier, Universitas Diponegoro (Undip) menyelenggarakan pelatihan soft skills dengan tema 'Mau Lulus Jangan Galau, Lanjut Studi ke Luar Negeri Mengapa Tidak?'

Direktur Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Hanifa Maher Denny mengungkapkan, pelatihan ini bertujuan untuk membangun rasa percaya diri calon wisudawan Undip agar tetap kompetitif dengan lulusan perguruan tinggi lainnya.

"Pelatihan soft skills ini untuk mempersiapkan lulusan Undip supaya mempunyai rasa percaya diri. Jadi jangan pernah mengatakan saya tidak bisa, saya tidak cerdas. Jangan pernah diri anda bersedia dijadikan korban, dijatuhkan semangat dan rasa percaya dirinya," papar Direktur Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Hanifa Maher Denny seperti dikutip dari laman Undip, Rabu (24/11/2021).

Baca juga: Komisi X DPR Perjuangkan Kesetaraan Hak Guru Formal dan Non-Formal

Bangun percaya diri mahasiswa

Hanifa Maher berharap setelah pelatihan ini calon wisudawan Undip dapat melatih kepercayaan diri mereka agar semakin memperlancar jenjang karirnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Senior Executive Secretary of LPDP Tri Susilo membagikan tips sukses mendapatkan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

LPDP mempunyai 3 program beasiswa, yaitu beasiswa afirmasi, beasiswa targeted dan beasiswa umum. Para mahasiswa bisa mencari tahu diantara tiga program ini yang paling sesuai dengan minat, ketentuan administrasi, dan dari segi usia. 

Baca juga: Kuliah S1 Gratis di Kanada dan Tunjangan Rp 356 Juta Per Tahun, Ini Infonya

Tri Susilo menambahkan, kunci dari suksesnya mendapatkan beasiswa bukan sekadar mengandalkan keberuntungan tapi dengan persiapan matang dan tekun.

"Kita tidak hanya mengandalkan keberuntungan itu saja, tapi kita harus berjuang," ungkapnya.

Kepala Kantor Urusan Internasional Undip Anggun Puspitarini Siswanto menambahkan, calon wisudawan harus mempersiapkan dari awal karier yang akan dijalani selanjutnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.